2 Cara Menanam Anggur agar dapat Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Anggur merupakan tanaman buah yang banyak dibudidayakan oleh orang indonesia. hal ini bukan tanpa sebab, karena permintaan terhadap buah anggur memang tidak pernah turun. Buah yang biasa dijadikan camilan dan bahan baku berbagai macam olahan makanan dan minuman ini sangat populer di kalangan masyarakat.

Jika anda ingin mencoba untuk menanam buah yang satu ini anda harus memperhatikan cara menanam anggur dengan benar. Karena berbeda dengan jenis buah kebanyakan, anggur merupakan tanaman buah yang pohonnya merambat ke berbagai arah. Sehingga anda memerlukan para-para untuk mengontrol arah pertumbuhan dari buah anggur yang akan anda pelihara tersebut. Berikut adalah cara menanam anggur dengan benar.

Menanam Anggur pada Lahan Terbuka

Jika anda ingin menanamnya pada lahan dengan area terbuka anda harus membersihkan terlebih dahulu area penanaman dari gulma dan rumput liar. Singkirkan juga berbagai macam sampah dan kerikil yang dapat mengganggu proses penanaman. Jika lahan tempat penanaman sudah bersih langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat lubang tanam.

Gemburkan terlebih dahulu tanah yang akan anda gunakan dengan menggunakan cangkul. Jika tanah sudah gembur lubang tanam pun bisa dibuat. Buat lubang tanam dengan ukuran menyesuaikan ukuran bibit anggur yang anda miliki. Jangan lupa untuk memberikan pupuk kandang pada bagian dasar lubang tanam untuk menutrisi tanah. Setelah itu diamkan lubang tanam selama dua minggu sebelum memulai penanaman.

Jika sudah lewat dua minggu maka anda bisa memulai menanam bibit anggur milik anda. Buang polybag yang membungkus perakaran bibit. Usahakan agar perakaran bibit tidak mengalami kerusakan. Masukkan bibit ke dalam lubang tanam dan timbun dengan tanah dan kemudian padatkan. Terakhir sirami bibit dengan air dua kali sehari pada waktu pagi dan sore hari atau setelah maghrib.

Menanam Anggur pada Tabulampot

Pilih jenis pot apapun yang bisa anda dapatkan, boleh pot plastik, maupun drum kaleng bekas. Asalkan tidak lebih kecil dari bibit anggur yang anda miliki. Pilih pot yang memiliki lubang drainase pada bagian dasarnya. Agar saat disirami, air tidak menggenangi perakaran bibit dan membuat akarnya menjadi busuk dan mudah terkena bibit penyakit.

Cara menanam anggur menggunakan tabulampot sangat mudah. Masukkan pecahan bata, genting, atau pasir ke dalam pot yang akan anda gunakan. Setelah itu masukkan media tanam, media tanam ini bisa anda buat sendiri dengan mencampurkan tanah gembur, sekam bakar, dan juga pupuk kandang yang sudah terfermentasi. Isi hingga memenuhi separuh isi pot.

Masukkan bibit anggur yang anda miliki ke dalam tabulampot. Posisikan agar bibit berada di bagian tengah pot. Kemudian timbun lagi perakaran bibit dengan menggunakan media tanam hingga memenuhi perakaran batang bibit anggur. Jangan lupa berikan ajir sebagai tempat menjalar batang pohon anggur anda. Terakhir sirami bibit dengan menggunakan air dan taruh ditempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Agar bibit bisa mendapatkan nutrisi dari sinar matahari.

Demikianlah 2 cara menanam anggur yang bisa anda praktekkan. Jika anda memiliki lahan yang cukup luas anda bisa menanamnya pada lahan yang terbuka. Namun jika anda tidak mempunyai cukup lahan. Anda bisa menanamnya menggunakan tabulampot. Kedua cara tersebut sama-sama menguntungkan. Yang merugikan adalah ketika anda tidak mencoba sama sekali.

 

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/blog/budidaya-anggur-tabulampot

Author: boz pulsa