3 Jenis Kelengkeng Dataran Tinggi

Kelengkeng merupakan tanaman buah lerak-lerakan yang memiliki bentuk buah bulat dan kulit buah berwarna cokelat. Buah yang satu ini merupakan buah asli dari kawasan Asia Tenggara, banyak negara termasuk Indonesia yang membudidayakan buah yang satu ini karena buah kelengkeng memiliki rasa yang manis dan juga renyah.

Buah kelengkeng banyak dibudidayakan di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, untuk menanam bibit kelengkeng anda harus memberikan perawatan yang ekstra. Karena buah kelengkeng dapat berbuah jika diberikan perawatan yang baik. Selain itu lokasi penanaman juga menentukan akan seperti apa pohon kelengkeng nantinya.

Banyak diketahui jika kelengkeng merupakan tanaman buah dataran tinggi, namun beberapa dari jenisnya ada yang bisa tumbuh juga saat ditanam pada daerah dataran rendah. Untuk itu bagi anda yang tinggal di wilayah dataran tinggi kami akan memberikan beberapa list rekomendasi jenis buah kelengkeng yang dapat di tanam di wilayah anda.

Kelengkeng Dataran Tinggi

Kelengkeng dataran tinggi diketahui dapat tumbuh walaupun ditanam pada ketinggian di atas 1000 mdpl. Jika ditanam pada habitat tersebut pohon kelengkeng tidak membutuhkan pemboosteran tanaman. Tapi saat ditanam pada wilayah dataran rendah pohon kelengkeng harus dibuahkan dengan cara memberikan booster.

Kelengkeng dataran tinggi diketahui memiliki potensi yang baik untuk dijadikan peluang usaha dalam pertanian buah kelengkeng. Jika anda tertarik untuk menanam bibit kelengkeng dataran tinggi ini, mari kita lihat ulasan mengenai 3 jenis bibit kelengkeng dataran tinggi yang dapat cepat bebruah.

1.    Kelengkeng New Kristal

Kelengkeng new kristal merupakan varietas buah kelengkeng yang saat ini paling dicari. Harga bibit kelengkeng new kristal pun bisa dibilang terjangkau untuk ukuran tanaman buah dengan berbagai macam keistimewaan. buah kelengkeng new kristal memiliki ukuran buah lumayan besar dengan satu dompolan buah mampu mencapai bobot 2 – 3 kg. Rasa buah kelengkeng new kristal juga sangat istimewa. Daging buahnya tebal dengan tekstur buah yang renyah karena kering dan tidak mengandung air.

Bukan hanya itu, pohon kelengkeng new kristal juga memiliki pohon yang sangat genjah. Hanya butuh waktu sekitar 2 – 3 tahun hingga pohon kelengkeng new kristal mulai belajar berbuah. Dengan keunggulan yang seperti itu harga bibit kelengkeng new kristal masih tergolong terjangkau.

2.    Kelengkeng itoh

Kelengkeng itu tercipta dari hasil sambung antara kelengkeng diamond river dan salah satu jenis bibit kelengkeng yang berasal dari Thailand. Hasil dari disambungnya 2 varietas pohon kelengkeng tersebut mampu menciptakan berbagai jenis kelengkeng baru dengan nama kelengkeng itoh.

Kelengkeng itoh memiliki rasa buah yang manis dengan ukuran buah yang masuk ke dalam kategori kecil. Namun daging buah kelengkeng itoh cukup tebal karena biji buahnya kecil. Bunga kelengkeng itoh berwarna kuning dan daunnya pada bagian tepi memiliki bentuk bergelombang.

3.    Kelengkeng giant longan

Kelengkeng giant longan merupakan buah kelengkeng dengan varietas baru yang memiliki ukuran buah besar alias jumbo. Dengan daging buah lembut dan kadar air yang cukup banyak. bibit kelengkeng giant longan walaupun masih baru tapi sudah mulai dibudidayakan di Indonesia.

Demikianlah 3 jenis bibit kelengkeng unggul dataran tinggi yang bisa masuk ke dalam list belanja bibit bulanan anda, selamat mencoba.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com

Author: boz pulsa