4 Keunggulan Alpukat Yellow Vietnam yang Anda Harus Tahu!

Alpukat merupakan tanaman buah yang saat ini sedang banyak dibudidayakan oleh para petani buah. Pasar alpukat memang saat ini sedang sangat terbuka besar, bukan hanya di dalam negeri tapi hampir di seluruh dunia. Maka dari itu wajar jika banyak alpukat jenis baru bermunculan entah itu lokal maupun alpukat introduksi. Salah satunya yang sedang santer dibicarakan adalah alpukat yellow vietnam.

Tanaman alpukat yang berasal dari vietnam ini memang unik, saat buah alpukat lain memiliki warna buah hijau. Alpukat yellow vietnam hadir dengan buah alpukat berwarna kuning, bahkan bukan hanya buahnya namun warna kuning tersebut juga ada pada percabangan dan daun dari tanaman alpukat ini. 

Karena keunikan tersebut alpukat yellow vietnam diburu oleh para pencinta alpukat di seluruh negeri. Walaupun sebenarnya bibit alpukat yellow vietnam masih belum banyak dan masih sangat terbatas. Sehingga harga jual pohonnya pun masih sangat tinggi, untuk harga tabulampot alpukat yang baru berbuah satu biji saja sudah bisa mencapai harga 10 juta rupiah. Walaupun begitu makin banyak orang yang menginginkannya.

Pesona dari alpukat berwarna kuning tidak hanya soal warnanya. Berikut kami rangkum beberapa keunggulan dari alpukat yellow vietnam ini. Inilah keunggulan yellow vietnam:

1.    Warna yang cantik

Berbeda dengan buah alpukat yang lain dimana saat masih muda akan berwarna hijau. Alpukat yellow vietnam memiliki warna buah berwarna kuning saat masih muda, kemudian seiring semakin tua buahnya warna kulitnya akan berubah menjadi ungu kehitaman. jadi setelah diperam warna buahnya akan berubah dan menandakan jika alpukat tersebut sudah tua, matang dan siap konsumsi. Warna buahnya yang kuning ini jarang dilihat oleh orang awam, maka dari itu tanaman alpukat yellow vietnam cocok untuk dijadikan tanaman hias dan dipajang di halaman rumah.

2.    Rasa Buah Mantap

Selain warna kuning yang cantik, rasa alpukat yellow vietnam juga tidak bisa disepelekan. Buahnya terasa sangat lezat karena memiliki tekstur yang sangat lembut seperti mentega. Kandungan minyak dalam buah alpukat yellow vietnam ini membuat buahnya menjadi tidak terlalu berair. Rasa manis akan terasa dan juga pulen, buah ini cocok untuk dijadikan buah meja yang dimakan secara langsung tanpa perlu diolah.

3.    Pohonnya Genjah

Keunggulan alpukat yellow vietnam bukan hanya datang dari buahnya, namun pohonnya pun memiliki keunggulan. salah satu keunggulan pohon alpukat yellow vietnam adalah memiliki sifat yang genjah. Pohonnya dapat berbuah dengan mudah dan cepat, hanya dalam kurun waktu 3 tahun setelah penanaman. Tentunya bibit alpukat yellow vietnam yang ditanam berasal dari perbanyakan vegetatif seperti okulasi.

4.    Harga Buah Mahal

Karena masih sangat jarang ada di indonesia, harga buah alpukat yellow vietnam masih tergolong mahal. Bayangkan saja, satu buah alpukat yellow vietnam yang saat ini sudah ada di Jawa Timur dihargai 500 ribu per buah. Jika ternyata satu pohon mampu menghasilkan 10 bah saja sudah berapa banyak keuntungan yang didapatkan. Maka dari itu jika anda ingin mencoba membudidayakan alpukat vietnam sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk memulai.

 

Demikian ulasan dari kami semoga bermanfaat dan menjadi pegangan untuk anda yang ingin membudidayakan alpukat yellow vietnam.

Sumber : www.bibitbuahku.com

Author: boz pulsa