5 Keunggulan Bibit Alpukat Tanpa Biji yang Cocok Untuk Anda Budidayakan

Apakah anda pencinta buah alpukat? Jika iya, maka anda pasti sudah tahu dengan jenis alpukat tanpa biji. Bibit alpukat tanpa biji saat ini sudah banyak dibudidayakan karena peminatnya yang sudah tidak terhitung banyaknya.

Sesuia dengan namanya alpukat ini tidak memiliki biji di dalam buahnya. Sehingga daging buah dari alpukat ini lebih tebal daripada alpukat biasanya. Karena tidak memiliki biji. Cara perbanyakan yang dilakukan untuk menumbuhkan bibit alpukat ini adalah dengan cara okulasi, stek, ataupun cangkok.

Alpukat tanpa biji memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Karena memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Serta dapat mencegah penyakit stroke.

Selain manfaatnya yang terkenal di bidang kesehatan. Bibit alpukat tanpa biji juga memiliki berbagai macam keunggulan. Diantaranya yaitu :

Memiliki Sifat Genjah

Bibit alpukat tanpa biji dikenal memiliki sifat genjah atau dapat dengan cepat berbuah. hanya membutuhkan waktu 3 sampai 4 tahun hingga pohonnya dapat berbuah. Berbeda dengan bibit alpukat lain yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat berbuah. selain itu alpukat tanpa biji bisa mengalami masa panen sebanyak 2 sampai 3 kali dalam setahun.

Perawatannya Mudah

Sama seperti pohon alpukat yang lain. Bibit alpukat tanpa biji juga tidak memiliki hal khusus dalam perawatannya. Anda hanya perlu melakukan penyiraman rutin setiap pagi dan sore. Lakukan sehari dua kali. Kemudian berikan pupuk dengan rentang waktu 2 minggu sekali. Serta taruh pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Pohonnya Sangat Adaptif

Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan dimana akan menanam bibit alpukat tanpa biji ini. Hal ini dapat terjadi karena pohonnya memiliki tingkat adaptasi yang tinggi. Sehingga jika ingin ditanam pada daerah dataran rendah tidak masalah. Jika ditanam pada daerah dataran tinggi ya oke-oke saja. Idealnya bibit alpukat ini ditanam pada ketinggian 200 sampai 1000 meter di atas permukaan laut. Agar dapat tumbuh dengan cepat dan berbuah lebat.

Tahan Terhadap Cuaca

Bibit alpukat tanpa biji ini juga tahan terhadap berbagai iklim. Sehingga anda bisa menanamnya di wilayah dengan iklim tropis maupun subtropis. Bahkan bibit alpukat tanpa biji ini dapat ditanam pada daerah yang memiliki iklim dingin. Tetapi perlu diingat. walaupun tahan terhadap cuaca yang ekstrim. Hal tersebut tetap dapat mempengaruhi pertumbuhan pohonnya. semakin dingin suhu tempat dia ditanam, maka buah alpukat tanpa biji ini akan semakin lama berbuahnya.

Banyak dicari

Karena saking banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh bibit alpukat tanpa biji. Banyak orang yang mencari bibitnya untuk dibudidayakan sendiri. Dengan banyaknya orang yang menyukai buah alpukat ini. Peluang usaha dalam pembudidayaan buah alpukat tanpa biji pun semakin terbuka lebar. Jadi bagi anda yang ingin menanam alpukat tanpa biji ini di halaman rumah jangan takut untuk memulainya.

Demikian ulasan kami tentang bibit alpukat tanpa biji yang memiliki berbagai macam keunggulan. Jangan ragu untuk membeli bibitnya. Saat ini bibit alpukat tanpa biji sudah tersedia di berbagai tempat toko pertanian. Sehingga semakin memudahkan kegiatan budidaya anda.

Sumber : https://www.bibitbuahku.com/bibit-tanaman-buah-alpukat-unggul-tanpa-biji.htm

Author: boz pulsa