6 Keunggulan Bata Merah

Dalam proses pembangunan rumah, bata dinilai menjadi bahan utama mengingat fungsinya yang berguna untuk pembuatan dinding. Dalam memilih bata tentunya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena akan menentukan kualitas kokohnya bangunan rumah. Terdapat beberapa jenis bata yang tersedia di pasaran dengan kualitas yang berbeda dan proses pembuatan yang berbeda.

Salah satunya tidak lain adalah bata merah yang sudah lama digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan bata merah mempunyai banyak kelebihan dan keunggulan dibandingkan dengan bata lainnya. Lalu, apa saja keunggulan dari bata merah sebagai bahan bangunan unggulan? Berikut ulasan lengkapnya.

Lebih Terjangkau Dari Segi Harga

Aspek harga memang kerap menjadi pertimbangan saat memilih bahan bangunan. Suatu bahan bangunan dengan kualitas bagus, namun menawarkan harga yang lebih murah pasti lebih banyak dicari oleh masyarakat. Dibandingkan dengan jenis bata yang lain, bata merah jauh lebih terjangkau mengingat ukurannya yang lebih kecil dari bata lain. Dengan perbedaan harga ini, banyak yang lebih mempertimbangkan penggunaan bata merah karena lebih menghemat budget.

Lebih Fleksibel Dari Segi Ukuran

Ukuran dari bata merah diketahui memang lebih kecil dari bata yang lain. Umumnya, bata merah berukuran 5 x 10 x 20 cm, sedangkan bata ringan berukuran 10 x 20 x 60 cm. Selain ukuran yang telah disebutkan, bata merah juga tersedia dalam beberapa ukuran lain seperti modul M-5a, modul M-5b, dan modul M-6. Ukuran yang lebih kecil ini membuat proses pengangkutan bata merah juga lebih mudah.

Tingkat Ketahanan Tinggi

Bahan utama pembuatan bata merah adalah tanah liat yang kemudian dicetak dan dibakar di suhu yang tinggi. Proses pembuatan inilah yang menghasilkan warna merah pada bata satu ini. Selain itu, proses tersebut juga membuat bata merah lebih tahan akan panas dan dingin. Tak hanya punya ketahanan yang kuat terhadap panas, bata merah juga kedap air serta suara.

Untuk memastikan tingkat kekuatan dari bata merah, cobalah untuk mendengarkan bunyi dari bata merah dengan membenturkannya. Jika bata merah tersebut menghasilkan suara yang nyaring, maka kualitas dari batu bata tersebut sudah dipastikan bagus.

Jangan lupa juga untuk mengecek atau menanyakan mengenai kandungan garam dari bata merah tersebut. Apabila kandungan garam dalam bata merah terlalu banyak, maka akan terjadi proses pengkristalan.

Tidak Membutuhkan Perekat Khusus

Dalam pemasangan batu bata merah, tidak dibutuhkan perekat khusus untuk membuat batu bata menjadi lebih rekat. Umumnya, pemasangan batu bata merah hanya melibatkan campuran semen, pasir ayak, dan air saja.

Hal ini sangat berbeda dibandingkan dengan bata expose yang menggunakan jenis perekat khusus yaitu semen MU atau semen yang berfungsi merekatkan keramik pada dinding. Selain itu, masih ada keunggulan lain dari bata merah dibandingkan dengan bata expose yang bisa disimak dalam penjelasan di perpusteknik.com.

Pemasangan Bata Merah Lebih Mudah

Mengingat bata merah tidak membutuhkan perekat khusus, maka pengerjaan atau pemasangan dari bata merah tidak sesulit pemasangan bata jenis lainnya. Sehingga, ini akan lebih menghemat waktu pengerjaan supaya selesai lebih cepat karena proses pemasangan yang mudah.

Mudah ditemukan di Pasaran

Bata merah termasuk bahan bangunan yang tidak susah untuk ditemukan di pasaran mengingat banyak penyuplai bahan bangunan yang menyediakan bata merah ini. Mudahnya menemukan bata merah ini di pasaran juga didukung oleh banyaknya minat masyarakat terhadap penggunaan bata merah.

Nah, itulah 6 keunggulan dari bata merah sebagai bahan bangunan utama untuk pembuatan bangunan rumah. Keunggulan-keunggulan yang disebutkan di atas membuktikan jika bata merah memang mempunyai kualitas yang cukup unggul, sehingga cukup banyak menjadi incaran masyarakat Indonesia untuk pembangunan rumah.

Author: boz pulsa