7 Tips Mudah Budidaya Udang Tawar

Budidaya udang tawar atau udang vaname adalah contoh usaha mandiri yang sedang mencuri perhatian banyak orang. Whiteleg shrimp merupakan udang air tawar, sedangkan vaname adalah jenis udang yang sering untuk berbagai macam makanan.

Itulah kenapa, peluang bisnis ini sangat menjanjikan karena tingkat permintaan pasar tinggi. Berikut cara budidaya udang tawar yang wajib kamu simak versi Suksespedia:

1. Siapkan Lokasi Udang Tawar

Untuk memulai budidaya udang vaname, maka anda harus menyiapkan lokasi yang strategis. Lokasi tepat untuk budidaya udang tawar adalah yang sesuai kebutuhan. Budidaya ini juga membutuhkan lahan kosong yang luas.

Sebelum memulai budidaya, anda juga harus membersihkan seluruh hama yang bisa saja singgah pada kolam. Hal ini penting untuk mencegah adanya pertumbuhan terlalu lama dan membuat gagal panen. Jika pada bagian sekitar kolam terdapat banyak tanaman hama, maka sebaiknya anda segera memotongnya.

2. Siapkan Kolam

Ketika menyiapkan kolam budidaya udang tawar, sesuaikan dengan berapa jumlah bibit. Siapkan kolam dengan isi sesuai takaran air ideal. Isi kolam sampai ketinggian air mencapai setengah dari tinggi kolam. Lalu, biarkan sampai dua minggu. Kemudian, anda dapat memasukkan seluruh bibit udang.

7 Tips Mudah Budidaya Udang Tawar

4. Pilih Bibit Berkualitas

Apakah memilih bibit udang vaname yang unggul itu mudah? Tentu tidak, karena masing-masing bibit dan ukuran tampak seragam. Bibit udang air tawar berkualitas punya ukuran lebih besar, tubuh lebih ramping dan panjang, warna lebih jernih, tidak ada lumut pada permukaan tubuh udang, dan lebih lincah.

5. Tips Tebar Bibit Udang

Lakukan penebaran bibit pada sore hari, temperatur cuaca tidak perlu terlalu panas. Biarkan suhu air kolam tidak begitu panas, sehingga anda harus menyiapkan termometer. Suhu ideal adalah 10 hingga 15 derajat Celcius.

Untuk teknik penyebaran bibit udang harus pakai aklimatisasi, supaya bibit beradaptasi sesuai suhu air kolam. Cara aklimatisasi yaitu meletakkan bibit dalam kantong, lalu simpan pada sisi kolam. Tebar bibit pada kolam tergantung kapasitasnya. Satu meter kuadrat kolam hanya untuk 100 atau 125 ekor udang.

6. Pemberian Pakan Budidaya Udang Tawar

Beri pakan hanya dua atau tiga kali sehari. Jika ukuran udang pada kolam semakin besar, maka harus semakin banyak pula pakannya, yaitu bisa 6 kali sehari.

7 Tips Mudah Budidaya Udang Tawar

7. Panen Vaname

Jika udang sudah berbobot 15-25 gr/ekor, bisa anda panen saat malam hari. Cara panennya dengan cuci udang pakai lumpur dan sortir sesuai ukuran. Gunakan box container yang sudah anda isi es supaya udang dalam box nanti tetap segar.

Author: boz pulsa