Analisa Harga Satuan Pekerjaan Furniture

Industri furniture merupakan industri yang komplek serta mempengaruhi berbagai faktor. Karena dari proses bahan baku, produk jadi sampai siap pakai melalui berbagai tahapan dan memakan banyak waktu serta membutuhkan banyak tenaga yang ahli dibidangnya.

Dimulai dari bahan baku sendiri, kayu jati diproses tanam sampai pemotongan membutuhkan waktu yang cukup lama bisa 20 tahun keatas, serta proses pemotongan juga butuh waktu 1 tahunan agar benar benar kering dan mati.

Untuk itu industri furniture dalam menganalisa harga sebuah pekerjaan perlulah keahlian khusus untuk mewujudkannya agar menjadi produk yang memiliki nilai jual pas, alias tidak kemahalan dan kemurahan. Untuk itu pertimbangan dari berbagai sisi harus dianggarkan dengan teliti dan tercatat.

Karena kami berdomisili di jepara yang merupakan pusatnya industri furniture, seperti halnya dewa Mebel Jepara yang merupakan produsen asli, untuk itu kami memberikan gambaran bagaimana menganalisa harga satuan suatu pekerjaan furniture.

Berikut Analisa harga Satuan pekerjaan Furniture

  • Ukuran produk yang akan dibuat, hitung ukuran produk yang akan diproduksi.
  • Hitung estimasi lama jadinya bila dikerjakan oleh 1 orang.
  • Kalkulasi model furniture yang akan dibuat, minimalis, ukir, atau klasik mewah.
  • Kualitas dari produk, sedang, bawah atau super bagus.

Diatas merupakan beberapa faktor yang harus dihitung benar-benar agar menentukan suatu pekerjaan tidak salah, biasanya di jepara sendiri dalam menentukan pekerjaan furniture adalah borongan, hal ini tergantung cepat tidaknya tukang kayu untuk menjadikan sebuah produk furniturenya, namun kelemahan sistem ini adalah bila tukangnya tidak cepat produk tidak akan terselesaikan tepat waktu.

Di jepara sendiri banyak yang tukangnya harian, hal ini tukang kayu dibayar perhari. Biasanya 1 produk furniture dibuat bebarengan oleh tukang kayu, positifnya produk yang dihasilkan akan lebih cepat dan hasilnya lebih bagus, karena dikerjakan oleh beberapa ahli tukang kayu yang berpengalaman di bidangnya.

Memang agak sulit untuk menganalisa suatu pekerjaan furniture, untuk itu kami sarankan pilihlah harian atau borongan dengan syarat dan ketentuan, baik di kualitas produk dan juga waktu. Untuk itu pemilihan seorang tukang kayu memang haruslah menjadi hal yang paling riskan dan utama dalam sebuah pekerjaan furniture.

Nah diatas sedikit gambaran bagaimana menganalisa sebuah pekerjaan furniture. Jelilah dalam mencari tukang kayu, serta pilihlah sistem borongan atau harian, hal ini akan sangat berpengaruh dari harga biaya produksi suatu produk furniture yang anda buat.

 

Author: boz pulsa