Apa itu Copyright YouTube?

Sudahkah anda tau apa itu copyright YouTube? Pada dasarnya setiap orang boleh memposting atau mengambil bagian video atau musik dari channel YouTube milik orang lain dengan catatan adanya izin dari si pemilik video atau musik dengan catatan tidak melebihi durasi diatas 15 detik dari total panjang durasi video yang diupload.

 

Dalam hal hak cipta, YouTube sangat memperhatikan dengan serius dengan diberlakukannya aturan yang jelas, rinci dan juga ketat yang mudah dipahami.

Sebaiknya bacalah terlebih dahulu aturan yang dibuat oleh YouTube sebelum membuat channel YouTube atau mengupload video ke YouTube.

 

Untuk audio, kita bisa mendapatkannya dari audio library. Namun untuk konten video, mau tidak mau kita harus memiliki persetujuan dari pemilik asli konten tersebut.

 

Yang akhir-akhir ini tengah hangat adalah bagaimana ternyata channel YouTube Calon Sarjana cuma menerjemahkan video lain dengan melanggar aturan-aturan YouTube yang berlaku telah disepakati.

 

Pengalaman buruk menimpa saya saat video yang didalamnya ada musik dari pemilik channel YouTube lain. Kemudian YouTube memberi teguran kepada saya dan logo dolar berubah menjadi berwarna hitam. Masalahnya, pelaporan itu terjadi saat video sudah ada banyak penontonnya. Akhirnya video saya di demonetisasi.

 

Ini tentunya menjadi pelajaran yang berharga bagi saya agar saya tidak melakukan hal yang sama.

 

Bagi anda semua yang hendak membuat video, lain kali lebih hati-hati dalam mengambil gambar ataupun video karena kalau tidak video yang sudah susah paya anda buat justru dimonetisasi oleh orang lain dan uang mengalir kepadanya.

 

Gunakanlah audio library dari YouTube untuk amannya dan jangan lupa untuk sertakan sumber konten anda baik video, audio atau narasi videonya karena itu semua penting.

 

Tidak hanya penting agar tidak mendapat dolar hitam, tetapi juga untuk menghargai konten yang telah dibuat oleh orang lain. Karakter dan integritas anda akan dilihat oleh penonton nantinya dan karya anda juga akan dihargai oleh orang lain jika anda menghargai karya yang telah mereka buat juga.

Author: boz pulsa