Bagaimana Cara Sewa Bus Pariwisata? Berikut Langkah Mudahnya!

Memilih untuk sewa bus pariwisata adalah pilihan tepat yang bisa Anda lakukan ketika akan mengadakan perjalanan wisata bersama rombongan besar. Baik untuk rombongan keluarga besar, teman kantor, teman sekolah, dan lain sebagainya. Dengan kehadiran pihak yang mau menyewakan bus pariwisata, tentu bisa jadi keuntungan tersendiri karena Anda tidak perlu lagi repot atau pusing memikirkan sarana transportasi apa yang tepat.

Pada dasarnya, penyewaan bus ini diutamakan atau ditujukan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan jauh dengan penumpang yang banyak. Meskipun memang, Anda juga bisa menyesuaikan kapasitas penumpang tersebut dengan beragam pilihan bus. Tak hanya itu, walau banyak sekali penyedia jasanya, namun sering ditemukan orang yang tidak bisa melakukan pemesanan. Lantas, bagaimana cara menyewa bus ini. Simak yuk, ulasannya berikut!

Cara Menyewa Bus Pariwisata

Berikut ini akan dibahas beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika akan sewa bus pariwisata jakarta. Beberapa caranya adalah sebagaimana berikut ini:

  • Tentukan Pilihan Penyedia Jasa

Langkah yang pertama tentunya adalah membuat pilihan pihak jasa mana yang akan Anda sewa busnya. Seperti yang diketahui, saat ini banyak sekali pihak penyedia jasa yang menawarkan penyewaan bus. Itulah kenapa, Anda harus bisa memilih dan menentukan jasa mana yang memberikan pelayanan terbaik juga pas untuk Anda.

Dalam menentukan pilihan penyedia jasa, ada beberapa faktor yang bisa jadi acuan. Salah satunya adalah masalah kualitas layanan dan juga kelengkapan fasilitas yang disediakan.

  • Memilih Armada Bus

Jika Anda sudah menentukan pihak penyedia jasa sewa bus pariwisata yang akan dipilih, maka cara selanjutnya adalah menentukan jenis armada atau jenis bus apa yang akan dipilih. Seperti yang diketahui, banyak sekali jenis bus yang bisa Anda pilih nantinya. Dari mulai jenis berdasarkan ukurannya seperti minibus, medium bus, hingga big bus. Atau juga berdasarkan model dan tingkat fasilitasnya. Seperti model high deck, atau bus dengan fasilitas toilet dan hiburan di dalamnya.

Sebelum memilih armada, ada baiknya agar Anda menyiapkan data penumpang atau jumlah penumpang yang nantinya akan melakukan perjalanan. Beri tahu penyedia jasa mengenai jumlah tersebut. Hal ini dimaksudkan agar pihak jasa bisa memberikan rekomendasi tentang pilihan bus mana yang lebih tepat.

  • Tanya Kondisi Bus

Ketika Anda sudah menentukan pilihan sewa bus pariwisata dari segi jenisnya,  jangan langsung melakukan deal-dealan. Tanyakan terlebih dahulu bagaimana kondisi mesin dan bus yang akan digunakan. Hingga driver atau supir yang nantinya akan membantu Anda mengendarai bus. Jika diperlukan lakukan pengecekan terlebih dahulu bus yang akan dipakai. Baik itu berupa kesesuaian fasilitas yang dipilih dengan kenyataannya, beserta kebersihan dari bus itu sendiri.

  • Beri Tahu Jadwal Sewa

Jika Anda sudah melakukan pengecekan atau sudah melakukan beberapa hal sebelumnya, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemesanan. Biasanya hal ini ditandai dengan Anda melakukan booking pada waktu tertentu. Nantinya pihak penyedia jasa akan menandai waktu yang Anda inginkan. Pun sekaligus dengan membayar DP sewa. Namun, masalah sistem pembayaran ini tergantung dari penyedia jasanya.

Ada yang memang memberlakukan DP terlebih dahulu, tanpa DP, atau bahkan harus membayar lunas sekaligus. Itulah kenapa, sebelum Anda melakukan pemesanan, pastikan terlebih dahulu bagaimana sistem pemesanan dan pembayaran yang harus dilakukan.

Pada dasarnya, cara sewa bus pariwisata ini memanglah sangat mudah dilakukan. Meskipun begitu, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal tersebut agar proses sewa lebih lancar dan tentunya Anda bisa menyewa bus sesuai keinginan serta kebutuhan.

Author: boz pulsa