Begini Cara dan Rincian Biaya Balik Nama Motor

Ketika seseorang membeli motor bekas, maka hal yang pertama yang perlu dilakukan yaitu mengganti nama pemilik kendaraan menjadi nama pembeli. Lalu bagaimana cara dan juga rincian biaya balik nama motor?

Ingatlah ketika anda menunda melakukan balik nama motor maka anda harus menghadapi kerepotan yang lebih parah karena perlu meminjam KTP pemilik terus menerus dan bolak balik mengurus segala hal terkait dengan perpanjangan STNK.

Hal itu diperparah jika seandainya ternyata yang memiliki motor pertama berada di luar kota dalam waktu yang lama. Anda jadi harus membayar denda STNK yang terkena denda.

Jika anda mempunyai masalah dalam mengurus balik nama motor, maka ini adalah artikel yang tepat. Disini kami akan memberi tahu anda cara dan juga rincian biaya balik nama motor:

Siapkan dokumen yang dibutuhkan

Pertama, siapkanlah dokumen yang diperlukan agar proses berjalan lancar. Ingatlah bahwa banyak orang yang merasa proses balik nama motor dan mereka harus bolak balik karena dokumen yang dibawanya kurang lengkap! Jadi jangan sampai salah membawa dokumen atau tidak lengkap saat menyerahkan dokumen. Berikut dokumen yang diperlukan:

  • BPKB asli serta foto copy sebanyak 3 lembar
  • KTP asli dan foto copy dari pemilik motor lama dan pemilik baru 4 lembar
  • Kwitansi jual beli motor
  • Berkas cek fisik kendaraan dari Samsat
  • Materai Rp 6.000

 

Biaya balik nama motor

Berikut biaya yang dibutuhkan saat hendak balik nama motor:

Nama

Biaya

Biaya PKB yang tercantum

300.000

BBN KB (2/3 x PKB)

200.000

Biaya SWDKLLJ

35.000

Biaya Adm STNK

25.000

Biaya Adm TNKB

60.000

Biaya pendaftaran

75.000

 

Langkah balik nama motor

Kumpulkanlah berkas berkas yang telah dijelaskan diatas, selanjutnya anda perlu mendatangi SAMSAT terdekat dengan tempat tinggal anda. Jika anda tidak mengetahui alamat SAMSAT, maka anda perlu mengakses www.bprd.jakarta.go.id.

Setelah anda mengetahui dimana samsat, maka datangilah kesana dengan membawa dokumen yang telah disiapkan sebelumnya dan ceklah kembali sebelum berangkat.

 

Tes fisik kendaraan

Sampai di SAMSAT, anda perlu melakukan tes fisik kendaraan. Tes ini dilakukan oleh petugas SAMSAT. Setelah itu anda nantinya akan mendapatkan nomor mesin kendaraan.

 

Pendaftaran nama balik STNK

Setelah anda melakukan tes fisik dan telah dinyatakan lolos, maka tahap selanjutnya adalah dengan mendatangi loket pendaftaran nama balik. Disini anda perlu memberikan kepada petugas semua dokumen yang telah anda siapkan termasuk hasil tes fisik kendaraan.

Nanti petugas akan mengecek semua berkas yang anda berikan. Anda nantinya perlu mendatangi SAMSAT sesuai dengan hari yang diminta oleh petugas.

 

Datang kembali ke SAMSAT

Hari dimana anda perlu mendatangi kembali kantor SAMSAT dan harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan STNK yang telah dibubuhkan nama anda. Biaya yang dikeluarkan sebesar 100 ribu rupiah bagi kendaraan yang masih baru dan perpanjang. Selain itu anda juga perlu membayar sejumlah uang lainnya yang diminta dengan total uang yang harus dibayarkan sebesar 620 ribu rupiah. Jika anda telat membayar beberapa hal tentu harganya semakin tinggi karena termasuk denda.

Itulah cara mengurus balik nama motor. Ingatlah untuk bersabar dan tertib saat melakukan semua proses di atas. Menurut saya sebaiknya anda mengurus sendiri proses diatas daripada menggunakan calo agar anda sendiri memahami prosesnya.

 

Sumber: https://www.pakardokumen.com/2020/01/balik-nama-motor-biaya-syarat.html

Author: boz pulsa