Bukan Hanya Kompetisi, Ini 3 Fungsi Lain Lomba Media Pembelajaran

Lomba media pembelajaran biasanya merupakan agenda tahunan Dinas Pendidikan yang dibuat untuk meningkatkan kreatifitas guru. Ternyata, ada manfaat lain dari lomba yang cukup bergengsi ini. Apa saja?

3 Fungsi Lain Lomba Media Pembelajaran Selain Kompetisi

Bukan hanya di lingkungan guru, kompetisi juga akan terjadi di berbagai bidang pekerjaan. Karena itulah, ada fungsi lain dari lomba media pembelajaran yang lebih bermakna dan pastinya penting untuk para pahlawan tanpa tanda jasa. Inilah ketiga fungsi lain tersebut.

Membuat Wali Murid Lebih Percaya Kemampuan Guru

Meskipun semua guru rata-rata sudah mengantongi ijazah sarjana pendidikan, masih ada saja orang tua yang kadang meragukan kemampuan. Hal ini bisa dipengaruhi beberapa hal, dan tentunya jika dibiarkan maka anak-anak pun akan ikut kurang mempercayai guru. Jadi, sebelum hal ini terjadi, maka gunakan lomba media sebagai bukti bahwa guru-guru mampu berkompetisi dan mengonsep media yang berbobot dan hanya bisa dilakukan oleh edukator handal.

Guru Bisa Lebih Banyak Bereksplorasi

Sering dipusingkan dengan urusan adminstratif? Jika ya, Anda mungkin perlu bergabung dengan lomba media untuk belajar. Hal ini akan membuat kreatifitas bertambah dan Anda pun dapat memaksimalkan pengamatan terhadap kebutuhan siswa. Tentunya, selain bisa berelaksasi, Anda juga bisa banyak bereksplorasi dibanding harus ribet dengan urusan adminstratif terus menerus.

Media Pembelajaran Bisa Dikembangkan Secara Massal

Banyak media pembelajaran yang menjuarai sebuah turnamen, kemudian dibeli hak ciptanya untuk diproduksi secara massal. Apabila media Anda yang terpilih, maka selain menghasilkan royalty maka Anda tentu akan merasa lebih bangga karena produk copyright telah diproduksi secara massal. Ini juga sangat bisa meningkatkan taraf pendidikan di Indonesia.

Dengan demikian, dapat disimpulkan jika lomba media pembelajaran memang sangat penting dan bisa meningkatkan taraf pendidikan secara tidak langsung. Apalagi, jika Anda membuat media yang mudah, efektif dan bisa dipakai untuk berbagai pembelajaran yang bermakna melalui metode inquiry learning.


Map Raport menjadi salah satu atk yang dibutuhkan setiap sekolah. Jika memang sekolah tempat anda bekerja membutuhkannya, anda bisa coba di pusatpercetakanonline.com

Author: boz pulsa