Cara Biar Laris Manis Ketika Jualan di Lazada

Perkembangan marketplace di Indonesia memang sangat pesat. Hal ini karena para pengusaha konvensional yang selama ini hanya berjualan secara langsung, mulai menggunakan sistem jualan online karena dianggap lebih menguntungkan. Bahkan sistem penjualan lewat marketplace dapat membantu pengusaha kecil menyebarkan usahanya hingga ke pelosok daerah.

Salah satu marketplace yang banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah Lazada. Marketplace satu ini juga sama dengan yang lain, dan biasanya lebih banyak barang dengan harga diskon menarik. Apabila kamu ingin jualan di Lazada dan cepat di-notice pembeli, coba lakukan cara-cara berikut ini.

Cara Berjualan di Lazada dan Cepat Dapat Pelanggan

  • Pastikan produk jualanmu terkonsentrasi pada satu ragam barang

Ketika ingin berjualan, hal pertama yang harus dipikirkan adalah barang atau jasa yang ingin kamu jual. Jika sejak awal tidak bisa menentukan apa yang ingin kamu perdagangkan, kamu akan sulit untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Barang dagangan bisa berupa apa saja, mulai dari makanan, sembako, barang mentah, elektronik, produk kecantikan, pakaian, otomotif, dan masih banyak lagi. Selain barang, kamu juga bisa jualan jasa di marketplace seperti Lazada, misalnya seperti jasa gambar custome, dan lain sebagainya.

Jika kesulitan menentukan barang dagangan, coba lakukan riset mengenai produk-produk yang kini digemari masyarakat dan peminatnya tinggi. Misalnya, produk skin care, atau makanan tertentu seperti seblak. Setelah itu, cari supplier jika kamu tidak bisa memproduksi barang sendiri.

Selain itu, sebaiknya kamu tidak mencampur-aduk-kan barang dagangan dalam satu akun. Misalnya, kamu jualan pakaian wanita dicampur dengan produk alat kantor atau elektronik. Ketidakseragaman tersebut membuat pembeli bingung dan membuat kesan tokomu kurang profesional. Oleh sebab itu, sebaiknya jual barang yang seragam seperti produk makanan saja, produk otomotif saja, dan sejenisnya.

  • Jualan dengan harga promosi

Apabila kamu masih penjual pemula di Lazada atau marketplace lain, ada baiknya tidak menjual barang dengan harga terlalu tinggi. Cobalah mengambil keuntungan sedikit dari harga asli kamu membelinya, bahkan ada baiknya menjual dengan harga promo supaya cepat terjual.

Jika kualitas barangmu bagus, dan pelayananmu baik, suatu saat pelanggan akan datang lagi ke tokomu karena merasa kamu sudah terpercaya sebagai penjual. Selain itu, harga promo juga akan membuat produkmu lebih banyak terjual dalam waktu singkat.

Namun, yang lebih penting adalah tulislah promo atau diskon pada produkmu, karena meskipun kamu menjual dengan harga murah, biasanya pelanggan tidak begitu tertarik. Orang-orang akan lebih menyukai kata promo atau diskon karena menganggap harganya lebih murah.

  • Lakukan promo di sosial media

Supaya produkmu semakin dikenal, baik itu dari orang terdekat maupun teman jauh, tidak ada salahnya untuk promosi di akun sosial media. Promosilah di berbagai akun sosial media, tapi jangan spam. Kamu bahkan bisa menggunakan base atau forum-forum medsos untuk promosi, kemudian arahkan ke akun Lazada yang kamu miliki. Biasanya, warganet zaman sekarang lebih percaya jika membeli langsung di akun marketplace daripada lewat sosial media.

  • Selalu bersikap profesional dan ramah pada pelanggan

Harga yang murah, biasanya akan kalah dengan pelayanan yang profesional. Alih-alih mendapat review positif, ketika pelayanan kamu buruk, pelanggan pun tidak segan-segan memberi bintang satu. Penilaian ini akan sangat memengaruhi penjualanmu ke depannya, karena pelanggan selanjutnya pasti akan melihat pelanggan terdahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk di tempatmu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan ketika jualan di Lazada. Strategi yang bagus dan pelayanan yang baik adalah kunci suksesnya bisnismu.

Author: boz pulsa