Cara Bikin Olahan Rempeyek Teri Basah Dijamin Enak dan Kriuk

Sebagai pengganti kerupuk banyak orang yang membuat rempeyek. Bahan untuk isian rempeyek seperti teri basah, udang kecil dan lainnya. Namun orang lebih membuat rempeyek teri. Cara bikin olahan rempeyek teri basah cukup mudah

Pengertian Rempeyek

Rempeyek ditemukan di wilayah Yogyakarta sekitar abad ke-16, seperti yang pernah tercantumkan pada  sumber tulisan yang dibuat oleh De Graaf pada suratnya dengan judul Mataram Islam. Kisah ini dimulai dari perjalanan Ki Ageng Pamanahan dengan rombongannya melakukan Bedhol Kampung yang diperintahkan Sultan Hadiwidjaya.

Rempeyek Teri

Rempeyek atau Peyek ialah makanan yang dibikin dari bahan utama tepung terigu dan dengan beberapa bahan lainnya dan dibuat dengan proses digoreng. Bahan pengisi pada bahan peyek ialah bisa berupa hewan kecil seperti teri, udang yang sudah dibuat kering, udang kecil atau disebut udang rebon, jingking atau laron.

Cara Bikin Olahan Rempeyek Teri Basah

1. Cara Bikin Olahan Rempeyek Teri Basah

Bahan-bahan:

  • Teri basah (bukan teri asin ya) 2 genggam 
  • Tepung serbaguna (oriental) sasa 5 sendok 
  • 2 sendok tepung terigu biasa, yang bisa dibuat dengan mesin penepung.
  • 1 sendok tepung beras rosebrand
  • Kunyit (atau bubuk kunyit) 1/2 ruas jempol 
  • 2 siung bawang putih sedang
  • Bawang merah sedang 3 
  • Secukupnya biji ketumbar (atau ketumbar bubuk)
  • Daun bawang (iris tipis-tipis) 3 lembar 
  • 1 buah jeruk nipis kecil
  • Air
  • Minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama buang kepala ikan teri jika sudah kemudian cuci bersih, lumuri memakai air jeruk nipis agar amisnya berkurang dan kemudian sisihkan sekitar 5 menit jika sudah segera cuci bersih kembali dgn air mengalir.
  2. Kemudian haluskan bawang putih, kunyit, bawang merah,  dan ketumbar, beri air sedikit agar ketumbar mudah halus. Sisihkan.
  3. Pada wadah terpisah, campurkan tepung serbaguna sasa, tepung terigu biasa dan dan sedikit tepung beras lalu aduk-aduk sampai tercampur rata.
  4. Tuang bumbu halus kedalam wadah yang berisi campuran terigu jika sudah lalu di aduk sampai. Jangan terlalu cair karena nanti akan bercampur bersama sisa-sisa air dari ikan teri basahnya.
  5. Masukkan ikan teri basah kedalam adonan tepung terigu yang sudah diberi bumbu lalu campur hingga tepung merata dengan ikan. Sesuaikan keenceran adonan, anda bisa menyesuaikan banyaknya air dengan tepungnya.
  6. Masukkan potongan daun bawang kedalam campuran tepung yang sudah dibumbui tadi kemudian  aduk-aduk perlahan agar merata
  7. Siapkan kompor dengan minyak goreng dalam jumlah yang banyak dan besar api sedang agar peyek tidak mudah hangus dan tingkat kematangan merata lalu goreng hingga kecoklatan. Atau bisa digoreng dengan deep fryer jika ingin menggoreng dalam jumlah yang banyak.
  8. Angkat dan tiriskan peyek teri, peyek teri bisa dikonsumsi bersama nasi hangat ataupun hanya untuk cemilan.

 

Manfaat Teri

1. Menjaga Kesehatan Kulit 

Ikan teri memiliki kandungan asam lemak esensial, vitamin E dan selenium yang memberikan efek baik sebagai nutrisi pada kulit. 

2. Menyehatkan Tulang 

Ikan teri memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, salah satu manfaat utamanya membantu membangun tulang yang kuat dan mencegah risiko osteoporosis.

3. Mencegah Inflamasi 

Ikan teri memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bisa bermanfaat membantu penurunan kadar kolesterol dan trigliserida dalam aliran darah.

 

Sekian dari artikel saya semoga bermanfaat cara bikin olahan rempeyek teri basah yang saya berikan, Selamat mencoba.

Author: boz pulsa