Cara Membentuk Otot Lengan Tanpa Alat Fitness

Memiliki otot lengan yang kuat memang merupakan keuntungan dan kebanggaan tersendiri. Selain lebih kuat untuk mengangkat beban berat, otot lengan yang kuat akan membuat penampilan menjadi lebih menarik dan percaya diri. Kebanyakan orang melatih otot lengan menggunakan alat fitness seperti barbel, dumbell, dan lain-lain. Namun, ternyata ada beberapa cara membentuk otot lengan tanpa alat fitness. Apa saja itu?

Cara Membentuk Otot Lengan Tanpa Menggunakan Alat Fitness

1. Push up

Push up sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan, sejak sekolah dasar pun biasanya anak-anak sudah diajarkan untuk push up secara sederhana. Meski terlihat simpel, nyatanya push up memiliki manfaat yang luar biasa, yakni membentuk otot lengan. Selain itu, push up juga bisa membentuk otot bagian bahu dan dada sehingga bentuk badan menjadi lebih bagus.

Saat ini sudah terdapat banyak variasi gerakan push up seperti one handed push up, dolphin push up, clap push up, dan masih banyak. Jika belum terbiasa, Anda bisa memulai dengan push up biasa terlebih dahulu. Agar lebih nyaman, sebaiknya gunakan alas ketika melakukan olahraga ini. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan push up minimal 10 set sehari secara rutin.

2. Tricep dip

Cara ini memang tidak membutuhkan alat fitness, namun Anda membutuhkan alat bantu berupa kursi. Seperti namanya, gerakan ini akan membantu membentuk otot tricep lengan Anda. Cara melakukannya cukup mudah, yakni letakkan kursi di belakang Anda. Selanjutnya, letakkan tangan pada kursi dan lakukan gerakan naik turun. Anda bisa melihat berbagai workout dengan gerakan ini di berbagai sumber video.

3. Plank

Secara gerakan, plank jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan push up atau tricep dip. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menahan posisi tubuh seperti posisi push up selama beberapa waktu. Meski terlihat sederhana, jangan pernah meragukan hasil yang akan didapat. Selain bisa memperkuat otot tangan, plank juga sangat baik untuk melatih otot perut.

Cara ini memang tidak melakukan gerakan apapun. Akan tetapi, mempertahankan posisi dalam jangka waktu tertentu ternyata juga tidak kalah menguras tenaga. Untuk awalan, Anda bisa melakukan plank selama 30 detik terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa, Anda bisa menambah durasinya hingga 2 menit. Gunakan alas agar tangan dan siku Anda tidak sakit ketika menumpu beban tubuh.

4. Bear Crawls

Bear crawls bisa membantu untuk membentuk otot lengan sekaligus kaki. Namun yang perlu Anda lakukan hanyalah berjalan menggunakan tangan dan telapak kaki layaknya beruang. Lakukan cara ini sejauh 20 meter setiap set.

Dengan rutin melakukan 4 gerakan di atas, otot lengan Anda bisa terbentuk dengan baik tanpa harus menggunakan alat fitness. Mungkin satu atau dua hari setelah melakukan workout, tangan Anda akan terasa sakit. Namun itu hanyalah bentuk adaptasi otot Anda untuk menjadi lebih kuat lagi.

Author: boz pulsa