Cara Membuat Grafik di Google Sheet

Jika anda menggunakan layanan G suite maka anda akan mulai terbiasa dengan pekerjaan yang berhubungan dengan mengolah data dan angka. jika anda baru pertama kali menggunakan layanan google sheets maka anda memerlukan adaptasi agar dapat dengan lancar menggunakan aplikasi ini untuk keperluan pelaporan data.

Jika laporan data anda kepada atasan sering menggunakan model grafik maka anda perlu belajar cara membuat grafik pada google sheet. Grafik sendiri merupakan tool penyajian informasi dan data yang media komunikasinya menggunakan grafis.

Cara Membuat Grafik di Google Sheet

Pada artikel kali ini akan dijelaskan cara membuat grafik menggunakan google sheet dengan mudah.

1. Pada aplikasi google sheet buka spreadsheet

Dalam layanan google drive ada menu google sheet, sehingga ketika anda akan mengakses google sheet pastikan anda sudah login terlebih dahulu pada akun gmail anda, atau anda juga bisa masuk pada link sheet.google.com pada browser anda lalu sign in.

2. Klik Blank Untuk Membuat Sheet Baru

Jika anda telah berhasil login pada akun google drive anda kemudian langkah selanjutnya adalah  klik New pilih Google Sheet lalu klik Blank Spreadsheets. Sekarang anda bisa menambahkan data anda pada spreadsheet, atau jika anda sudah mempunyai data di dalam spreadsheet anda tinggal membuka dan melanjutkan data anda ke langkah nomor 3 "Blok Data".

3. Blok Data yang Diperlukan

Cara Pertama: block dan pilih data yang diperlukan saja dengan klik cell A1 lalu tekan shift sambil klik cell E9.

Cara Kedua: blok dan pilih data dari kolom teratas atau header

4. Pilih Insert dan Klik Chart

Untuk dapat melakukan ini anda bisa menuju pada jajaran paling atas bersebelahan dengan menu seperti file, view, edit dll.

5. Pilih Jenis Grafik yang Anda Inginkan

Setelah anda klik chart selanjutnya anda akan diarahkan pada menu "Chart Editor", di sana terdapat "Chart Type" yang berisi macam-macam tipe grafik yaitu Area, Line, Bar, Column, Pie dll, silahkan pilih dan buat grafik yang anda butuhkan.

Demikian cara membuat grafik di google sheet, dengan adanya google sheet banyak perusahaan telah merasakan banyak manfaatnya untuk meningkatkan produktivitas kerja. Google sheet merupakan salah satu produk dari google cloud, dimana google cloud ini banyak sekali manfaatnya.

sumber: workspace.eikontechnology.com

 

Author: boz pulsa