Cara Membuat Lapis dari Singkong yang Lembut dan Enak

Halo, kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat lapis dari singkong yang lembut dan enak. Singkong bisa diolah menjadi lapis, jadi teman-teman tidak bosan mengkonsumsi singkong dalam bentuk kripik yang biasanya dibuat dengan mesin keripik singkong atau digoreng. Yuk Simak.

 

Kue Lapis Singkong

Kue lapis ialah makanan khas dari Indonesia. Biasanya kue ini terdiri dari dua warna yang tersusun berlapis-lapis, dari bentuk susunan kue tersebut yang memberi nama kue ini. Kue ini biasanya dibuat dari tepung beras, santan, gula pasir, tepung kanji, garam dan pewarna makanan. Kue ini dikukus setiap lapisannya dalam jangka waktu tertentu sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan.

Bahan-bahan

  • Garam 1/2 sendok teh 
  • Singkong 800 gram yang dipotong dengan mesin pemotong singkong.
  • Gula pasir 180-200 gram 
  • Agar-agar plain 1 bungkus 
  • Vanili 1 bungkus kecil 
  • Santan 1 gelas 
  • Pewarna makanan

Cara Membuat

  1. Langkah pertama siapkan semua bahan bahan beserta wadah berukuran sedang. Campur seluruh bahan dan aduk sampai merata.
  2. Kemudian siapkan 3 wadah dengan ukuran kecil. Lalu bagilah adonan menjadi 3 bagian dalam jumlah yang sama banyak dan berilah warna sesuai selera.
  3. Selanjutnya lapisi loyang yang akan dipergunakan sebagai wadah pengukus menggunakan plastik tebal sehingga tidak akan lengket.
  4. Lalu tuangkan adonan sebagai lapisan pertama. Kukuslah selama kurang lebih 15 menit.
  5. Kemudian tuangkan adonan kedua dan kukuslah selama 15 menit.
  6. Lalu untuk lapisan ketiga, kukuslah selama kurang lebih 20 menit. Cek dengan garpu dengan cara ditusuk, apakah sudah matang atau belum.
  7. Kemudian jika lapis sudah matang dan tidak ada yang lengket, angkatlah lapis potong tipis dan beri taburan dengan parutan kelapa. Lapis singkong siap disantap!

 

Manfaat dari Singkong

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat dari singkong yang pertama ialah bisa membantu menjaga kesehatan pada sistem pencernaan Anda. Singkong diketahui memiliki kandungan serat yang masuk dalam kategori serat tak larut dalam air. Karena kandungan tersebut, singkong bisa membantu menyerap racun dalam usus. Racun yang terserap nantinya akan terbuang bersama dengan feses atau kotoran .

2. Bantu Turunkan Berat Badan

Manfaat singkong yang kedua ialah membantu Anda untuk proses menurunkan berat badan. Singkong diketahui sangat bagus untuk dikonsumsi bagi teman teman yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Hal ini disebabkan singkong mengandung kalori yang lebih rendah dan memiliki kandungan serat, yang bisa membantu tubuh merasa kenyang dalam jangka waktu lama. Dengan mengonsumsi singkong maka frekuensi waktu makan Anda akan lebih terkontrol dan bisa mencegah Anda untuk makan yang berlebihan.

3. Menjadi Sumber Energi Yang Baik Bagi Tubuh

Manfaat singkong yang ketiga ialah bisa menjadi sumber energi bagi tubuh anda. Dan setiap 100 gram singkong memiliki kandungan 160 kalori.

Selain itu singkong juga memiliki karbohidrat yang tinggi nanti berubah menjadi glukosa, salah satu sumber energi pada tubuh. Sekitar 80% konsumsi karbohidrat per hari sangat dibutuhkan oleh organ misalnya otak agar otak bisa berfungsi secara maksimal. 

 

Demikian pembahasan mengenai Cara Membuat Lapis dari Singkong yang lembut dan enak . Semoga membawa manfaat dan bisa dijadikan acuan olahan untuk anda. 

Author: boz pulsa