Cara Membuat Saringan Air dengan Batok Kelapa yang Ramah Lingkungan

Pohon kelapa dikenal sebagai tanaman serbaguna karena hampir semua bagiannya memiliki manfaat yang sangat berarti bagi kehidupan manusia. Seperti cara membuat saringan air dengan batok kelapa yang ramah lingkungan ini.

Pohon Kelapa

Pohon kelapa memiliki bentuk fisik yang mudah dikenali hanya dengan melihatnya, seperti daun kelapa, batang pohon sampai bentuk buah kelapa.

Ciri Khusus Pohon Kelapa :

  1. Pohon terdiri dari batang tunggal, akar berbentuk yang  berserabut dengan struktur tebal dan berkayu, berkerumun dan membentuk bonggol
  2. Bagian biji kelapa memiliki 3 lapisan yang menutupi  yaitu eksokarp, mesokarp dan endokarp. Eksokarp ialah bagian dari kulit buah kelapa. Mesokarp atau lapisan bagian tengah ialah serabut buah kelapa. Lapisan terdalam adalah tempurung atau batok kelapa.
  3. Sebagai monokotil biji kelapa tidak berbelah
  4. Batang pohon kelapa beruas-ruas dan apabila pohon sudah  menjadi tua maka ruas-ruas tersebut akan semakin berkurang, batang kelapa merupakan jenis kayu yang bisa dibilang cukup kuat, namun sayang sekali tidak direkomendasikan untuk bahan bangunan.
  5. Daun kelapa ialah daun tunggal dengan bentuk pertulangan menyirip.
  6. Bunga yang dihasilkan kelapa sifatnya majemuk, yaitu kelapa akan menghasilkan bunga jantan dan betina pada satu pohon. Jumlah bunga yang dapat dihasilkan satu pohon berjumlah sangat banyak. Setelah dibuahi bunga ini akan membentuk buah kelapa.
  7. Buah kelapa umumnya berukuran besar dan mempunyai diameter sekitar 10 cm – 20 cm atau bahkan bisa lebih dari itu. Warna buah kelapa sangat tergantung dari jenis pohonya (bisa berwarna kuning atau hijau), dan bagi buah yang dikategorikan tua akan berubah menjadi warna coklat.

Batok Kelapa

Manfaat batok kelapa sangatlah banyak, selain dibuat menjadi arang untuk kita manfaatkan untuk bahan bakar, masih banyak lagi manfaat batok kelapa seperti :

1. Pengawet Makanan Alami

Tempurung ini biasanya diolah terlebih dahulu menjadi cairan. Proses pengolahannya memang sedikit sulit, yaitu dengan mengasapi tempurung kemudian akan memunculkan cairan kental seperti kecap. 

Letakkan cairan tersebut dalam suatu wadah. Cairan tersebut bisa digunakan untuk mengawetkan kayu supaya tidak dimakan rayap. Jika ingin memakainya sebagai bahan pengawet makanan maka cairan harus diproses lebih lanjut. Setelah itu bisa dioleskan ke bagian makanan yang ingin diawetkan.

2. Saringan Alami untuk Mendapatkan Air Bersih 

Banyak orang mengalami masalah air bersih di rumah. Tidak semua daerah bisa mendapatkan air yang bersih. Dibeberapa daerah, tempat airnya mengandung banyak logam sehingga terkesan keruh. Nah masalah tersebut bisa diatasi dengan mengolah batok kelapa.

Dengan menggunakan batok kelapa, air bisa menjadi lebih bersih dan murni. Ini dikarenakan batok kelapa mempunyai kandungan berupa karbon aktif. Material karbon aktif tersebut akan mengikat kotoran sehingga air jadi lebih jernih setelah melewati saringan yang terbuat dari batok kelapa. 

Cara Membuat Saringan Air dengan Batok Kelapa 

Alat dan Bahan :

  • Batu kecil
  • Kerikil
  • Arang
  • Tempurung kelapa
  • Batu zeolit
  • Pasir halus
  • Ijuk 

Cara Membuat Saringan Air dengan Batok Kelapa :

  1. Sediakan drum bekas yang sebelumnya dibersihkan dahulu di dekat bak penampungan
  2. Masukkan batu kerikil hingga 10 cm
  3. Lalu masukkan arang tempurung kelapa sampai ketinggiannya 15 cm
  4. Masukkan pasir halus hingga 20 cm
  5. Masukkan ijuk hingga 15 cm
  6. Tutup drum menggunakan kain tipis untuk menyaring sumber air yang kotor
  7. Arang bisa didapatkan dengan membakar batok kelapa yang sudah dipecah menggunakan mesin pengupas batok kelapa atau dengan membelinya.

Sekian artikel tentang cara membuat saringan air dengan batok kelapa artikel ini bermanfaat, selamat mencoba.

Author: boz pulsa