cara membuat seblak kerupuk kering

Cara Membuat Seblak Kerupuk Kering

Hallo semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan bagikan cara membuat seblak kerupuk kering. Pastinya dengan cara yang ringkas dan juga simple, jadi teman-teman sekalian ga perlu khawatir tidak bisa ikut buat seblak kerupuk keringnya.

Tetapi teman-teman sekalian, sebelum masuk ke dalam topik pembahasan sana, saya akan membahas latar beserta beberapa hal seputaran yang masih ada kaitannya dengan kerupuk ini.

Oleh karena itu, ga perlu lama lagi dengan basa-basi dan kata pembukanya kita langsung masuk ke dalam topik pembahasan dari kerupuk ini.

cara membuat seblak kerupuk kering

Kerupuk

Kerupuk merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu serta biasanya digunakan sebagai pendamping lauk untuk makanan utama.

Cara untuk memasak kerupuk sangat mudah, kalian hanya perlu kukus adonan hingga matang, lalu potong tipis-tipis, jemur hingga kering serta goreng dalam minyak sayur.

Makanan ini populer tidak hanya sebagai pelengkap, tetapi juga makanan yang digunakan dalam berbagai acara perlombaan, misalnya sebagai kompetisi di hari kemerdekaan Indonesia.

Kerupuk ini sering dipadukan dengan masakan, seperti gado-gado, nasi goreng, soto, dan lauk pauk lainnya.

Kerupuk ini juga memiliki banyak jenis, dari yang paling sering kita jumpai yakni kerupuk putih, kerupuk ikan, bahkan juga terdapat kerupuk kentang.

Umumnya kerupuk ini sering kita jumpai dalam keadaan masih belum digoreng atau setengah matang, serta juga yang sudah matang dan siap untuk disantap.

Cara penjualan dan pengemasannya juga berbeda-beda, terdapat yang dijual secara kiloan, ada juga yang dijual dengan patokan per kemasan atau plastik.

 

Cara Membuat Seblak Kerupuk Kering

Setelah tadi saya sudah selesai membahas latar beserta beberapa hal seputaran kerupuk, kini saya mulai pembahasan cara membuat seblak kerupuk kering.

Pastinya pembahasan ini yang sudah kalian tunggu sejak awal bukan? Maka dari itu tidak perlu lama dengan basa basinya, langsung masuk ke topik pembahasan dari cara membuat seblak kerupuk keringnya.

Bahan-bahan

  • 1/2 kerupuk bawang
  • 10 siung Bawang putih
  • 5 lembar daun jeruk
  • Bon cabe ( sesuaikan dengan selera )
  • Minyak goreng
  • Penyedap rasa ( bebas menggunakan brand apapun )

Cara pembuatan

  1. Pertama, teman-teman bisa mempersiapkan terlebih dulu semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk seblak kering ini.
  2. Setelah itu, teman-teman bisa melakukan perendaman kerupuk bawang dengan minyak goreng dengan waktu kurang lebih 2 jam.
  3. Setelah didiamkan, kalian bisa memasak kerupuknya dengan api kecil sambil diaduk-aduk. Dan sekiranya sudah matang bisa teman-teman angkat.
  4. Selanjutnya, kalian bisa memotong-motong bawang putih dan juga daun jeruk kemudian tumis sampai muncul berwarna kecoklatan.
  5. Setelah itu, kalian bisa menumbuk bawang putih nya sampai halus.
  6. Selanjutnya, kalian hanya perlu memasukkan kerupuk bawangnya ke dalam wadah toples atau sejenisnya dan dilanjutkan dengan memasukkan bawang putih halus, daun jeruk tadi, bon cabe, serta penyedap rasa.
  7. Setelah itu, kalian bisa kocok sampai bumbunya tercampur merata di kerupuknya.
  8. Setelah sekiranya merata, kalian bisa langsung menyantap atau dikemas dengan plastik jika ingin menjualnya. Bila perlu menggunakan mesin hand sealer agar hasil kemasnya bisa menjadi lebih maksimal dan bagus.
Author: boz pulsa