Cara Memilih Kabel Fiber Optik Terbaik

Anda seringkali bingung bagaimana cara memilih kabel fiber optik dan konektor fiber optik yang terbaik? Dalam artikel berikut ini kami akan memberikan beberapa tips mengenai cara memilih kabel fiber optik untuk anda.

Kabel yang dinilai memiliki kecepatan transfer yang tinggi ini juga memiliki beragam merek dan jenis yang harus anda perhatikan karena tiap merek dan jenisnya memiliki kualitas yang berbeda dan kecepatan transfer yang berbeda pula.

Untuk itu sebelum anda membeli kabel fiber optik anda harus mengetahui bagaimana cara kerja kabel fiber optik dan bagaimana ciri-ciri kabel fiber optik yang bagus, serta bagaimana tips memilih kabel fiber optik.

Mengenal kabel fiber optik

Simak artikel  berikut ini agar anda lebih mengenal tentang kabel fiber optik.

  • Cara kerja kabel fiber optik

Kabel fiber optik yang terbuat dari serat kaca yang sangat halus ini memiliki cara kerja menghantarkan arus listrik dengan mengubahnya menjadi cahaya, dengan begitu arus listrik yang dihantarkan dalam bentuk cahaya di media kaca maka kecepatannya lebih tinggi bila dibandingkan dengan kabel jenis biasa. Adapun kabel ini dilapisi dengan Cladding yang dapat memantulkan kembali cahaya listrik yang keluar dari jalur kaca bila kabel membengkok.

  • Tips memilih kabel fiber optik

Pilih jenis kabel sesuai kebutuhan

Anda harus menentukan pilihan untuk menggunakan kabel single mode atau multi mode sesuai kebutuhan. Ini karena kedua jenis kabel ini kecepatan, bandwidth dan jarak yang berbeda sehingga anda harus bisa menentukan membutuhkan kabel yang mana.

Pilih bahan lapisan yang berkualitas

Bahan lapisan kabel sangat menentukan kualitas dari kabel, karena kerusakan kabel sebagian besar didapatkan dari bagian luar seperti dimakan tikus atau sering tertekuk.  Sehingga memilih pelindung yang baik akan sangat menentukan masa hidup kabel anda.

Memilih konektor yang sesuai

Pada kabel fiber terdapat 4 jenis konektor yang bisa anda pilih. Ketika anda bingung akan menggunakan konektor yang mana, anda bisa menentukannya dengan cara menghubungi tim ahli untuk mendapat solusi.

Demikian artikel mengenai kabel fiber optik dan tips memilih kabelnya.

Author: boz pulsa