Cara Mengembalikan File Terhapus di Kartu Memoriby boz pulsaon.Cara Mengembalikan File Terhapus di Kartu MemoriBila tanpa sengaja anda menghapus file penting di kartu memori ponsel Android tentu akan membuat panik. Namun Anda tak usah risau sebab dalam artikel berikut ini akan dibahas beberapa cara mengembalikan file terhapus di kartu memori ponsel Android. Cara-cara yang diberikan oleh semua tipe ini cukup simpel dan mudah. Lebih-lebih lagi ponsel Android sekarang ini […]

Bila tanpa sengaja anda menghapus file penting di kartu memori ponsel Android tentu akan membuat panik. Namun Anda tak usah risau sebab dalam artikel berikut ini akan dibahas beberapa cara mengembalikan file terhapus di kartu memori ponsel Android.

Cara-cara yang diberikan oleh semua tipe ini cukup simpel dan mudah. Lebih-lebih lagi ponsel Android sekarang ini terus-menerus tersambung ke internet dan juga layanan cloud storage. Anda dapat menggunakan layanan tadi untuk mengembalikan file terhapus di kartu memori.

cara mengembalikan file terhapus dari kartu memori via google drive

Google Drive

Layanan dari Google Drive akan memudahkan pengguna ketika ingin mengembalikan file terhapus di kartu memori. Pengguna cukup melihat di menu “trash” untuk memulihkan seluruh file yang terhapus. Layanan Google Drive dapat dibuka dari aplikasi smartphone atau komputer. Google Drive menawarkan fitur “limited time” yang artinya dapat memulihkan data yang hilang hingga jauh hari ke belakang.

Google Photos

Para pengguna ponsel Android tentu familiar dengan aplikasi Google Photos. Aplikasi yang satu ini kecuali dapat digunakan untuk menampung banyak foto, sekaligus dapat memulihkan data yang hilang dari kartu memori Hp. Pengguna dapat memulihkannya dengan waktu singkat. Anda tinggal membuka aplikasi Google Photos di ponsel. Lalu lihat di fitur “Trash.” Dalam menu “Trash” tersebut akan ditunjukkan seluruh file yang pernah dihapus. Bila ingin memulihkannya, Anda cukup ketuk tombol “panah” di sebelah tombol “tempat sampah.” Seketika file yang terhapus akan dikembalikan tanpa kurang suatu apapun. Aplikasi Google Photos bisa memulihkan seluruh file yang ditampung dalam “trash” hingga 60 hari ke belakang.

DiskDigger

DiskDigger merupakan sebuah aplikasi yang dapat diunduh gratis dari Google PlayStore. DiskDigger disebut-sebut bisa memulihkan file yang terhapus dengan gampang. Pengguna tak mesti repot-repot meletakkannya di cloud storage. DiskDigger akan menemukan file yang terhapus di memori internal ataupun kartu penyimpanan eksternal. Pun, pengguna tak harus me-root ponsel yang digunakan. Nilai plus lain dari aplikasi DiskDigger yaitu bisa melakukan sortir file sesuai ukuran atau tanggal.

EaseUS MobiSaver for Android

Aplikasi Android ini diklaim bisa memulihkan data yang hilang di ponsel Android seketika dan tanpa ribet. EaseUS MobiSaver for Android mampu mengembalikan foto, video, lagu, daftar contact, sampai pesan yang tak sengaja terhapus. File yang terhapus bisa karena kesalahan pengguna ataupun karena virus, rooting, maupun kartu memori yang bermasalah. EaseUS MobiSaver bisa mengembalikan file yang terhapus di Hape Android baik dengan bantuan komputer maupun langsung. Terlebih aplikasi ini pun sudah terpasang menu preview before recovery dengan begitu pengguna dapat menentukan sendiri file mana saja yang hendak dipulihkan. Tak selesai sampai disitu saja, aplikasi ini memiliki fitur yang memudahkan pengguna ketika ingin mengekspor data ke beragam format diantaranya CSV, HTML dan VCF format untuk komputer.

Recuva

Bila tetap gagal dalam mengembalikan data yang hilang di kartu memori ponsel, Recuva mungkin bisa membantu. Hanya saja, cara mengembalikan file terhapus di kartu memori ini mesti menggunakan bantuan komputer atau laptop. Recuva dipromosikan bisa memulihkan file yang terhapus di Hape Android. Pengguna dapat memulihkan file yang terhapus di memori eksternal dan juga storage internal. Pengguna cukup menghubungkan smartphone ke komputer / laptop, lalu ikuti petunjuk yang diberikan.

Memulihkan Email Terhapus

Untuk Anda yang kerap menggunakan email, boleh jadi pernah mengalami email penting yang terhapus. Kesempatan ini Anda tak usah cemas atau risau sebab ada trik mudah untuk mengembalikannya. Mula-mula, Anda login ke aplikasi Gmail lalu ketuk menu “Trash” di sebelah kiri. Dengan sendirinya Gmail akan memunculkan seluruh email yang pernah terhapus.

Sementara untuk pengguna Outlook For Android, cukup ketuk menu “Deleted Items” maka dengan sendirinya seluruh email yang terhapus akan dimunculkan kembali. Anda dapat memakai metode yang sama untuk layanan email lain misalnya Yahoo atau yang lainnya.

Memulihkan Kontak Telepon yang Terhapus

Cara memulihkan file yang hilang di ponsel Android secara mudah yaitu memanfaatkan Google Contact. Cara ini disediakan untuk pengguna yang kehilangan atau tanpa sengaja menghapus nomor kontak saudara, teman, maupun kolega atau rekan bisnis. Triknya cukup simpel, pengguna hanya tinggal mengakses Google Contact dari komputer / laptop. Selanjutnya pengguna dapat meng-klik menu “more” kemudian klik pada “restore contact.” Bila sudah maka dengan seketika seluruh data kontak akan kembali sebagaimana sebelumnya. Gampang bukan? Untuk melakukannya, direkomendasikan agar memakai aplikasi Google Contact yang versi lama.

Backup Data di Ponsel

Bila tak ingin kehilangan data di kartu memori ponsel maka tindakan paling tepat adalah melakukan pencadangan atau back up. Dengan begitu saat secara tak sengaja file di memori telepon hilang maka sudah ada copiannya yang bisa segera dipulihkan dengan cepat. Ada banyak aplikasi untuk tujuan tersebut, salah satu rekomendasinya adalah Dumpster. Aplikasi ini menawarkan ruang penyimpanan cloud yang cukup longgar untuk menaruh berbagai data penting di ponsel. Asyiknya lagi, layanan ini tersedia dengan gratis.

 

Author: 

Related Posts