Cara Menghitung Persentase Nilai Siswa

Cara Menghitung Persentase Nilai Siswa dengan Contoh Soal Sederhana

Anda sedang mencari cara menghitung persentase nilai siswa dalam suatu kelas? Sebelum membahas lebih jauh, marik bahas terlebih dahulu tentang apa itu persen. Persentase yang kemudian banyak disebut dengan satuan persen (percent) berasal dari 2 kata, "per" dan "cent". Kata cent sendiri memiliki arti "seratus" dari bahasa Eropa lama yang kemudian dapat diartikan bahwa persen adalah "per seratus". Dengan kata lain, apabila diketahui ada 15 persen, artinya terdapat 15 per 100. Persen ditunjukkan dengan simbol berupa %, misalnya 15 persen ditulis dengan 15%. Lalu bagaimana cara menghitung persen ini?

Rumus Dasar Perhitungan Persen

Cara Menghitung Persentase Nilai Siswa

Sebelum mendapatkan persentase dari bagian tertentu, maka perlu Anda ketahui bahwa Anda akan mungkin akan menggunakan 2 format bilangan terlebih dahulu sebelum merubahnya menjadi persen. Kedua format bilangan tersebut adalah format pecahan dan format desimal. Untuk format pecahan, maka angka akan dituliskan dengan pembilang dan penyebut, antara lain ½, ¼ dan sebagainya. Sementara pada format desimal, angka dituliskan menggunakan koma atau titik, antara lain 0,5 ataupun 0.5 dan sebagainya.

Untuk merubahnya menjadi persen, maka format pecahan ataupun format desimal tersebut bisa langsung dikalikan dengan 100%, misalnya

½ x 100% = 50%

0,5 x 100% = 50%

Cara untuk menghitung persen sendiri dapat didasarkan pada rumus sebagai berikut

  • (nilai bagian/nilai keseluruhan) x 100% = nilai%

 

Contoh soal, misalnya Anda ingin menghitung persentase siswa menurut gender dalam sebuah kelas yang berisi siswa perempuan dan siswa laki-laki. Dalam kelas tersebut ada 3 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Maka langkah yang bisa Anda lakukan adalah 

Jumlah siswa laki-laki = 3 orang

Jumlah siswa perempuan = 9 orang

Jumlah keseluruhan siswa dalam kelas = siswa laki-laki + siswa perempuan = 9 + 3 = 12 orang siswa.

Maka persentase siswa laki-laki adalah 3/12 x 100% = 25% dan persentase siswa perempuan adalah 9/12 x 100% = 75%.

Contoh Cara Menghitung Persentase Nilai Siswa

Source: Pakar Dokumen

Contoh lain yang masih ada kaitannya dengan persentase kelas adalah mengetahui persentase nilai siswa dalam suatu kelas pada mata pelajaran tertentu. Misalnya terdapat 30 siswa di salah satu kelas yang mengadakan ujian Matematika.

Setelah ujian selesai, hasil nilai ujian siswa diketahui sebagai berikut:

Diketahui :

Ada 4 siswa mendapatkan nilai 85 ke atas (kategori A)

Ada 15 siswa mendapatkan nilai 70 – 85 (kategori B)

Ada 7 siswa mendapatkan nilai 60 – 70 (kategori C), dan

Ada 4 siswa mendapatkan nilai di bawah 60 (kategori D)

Soal :

Lalu, berapa persentase siswa dengan kategori nilai A, B, C dan D dalam kelas tersebut?

Jawab :

Langkah yang bisa Anda lakukan adalah mencari jumlah keseluruhan siswa dalam kelas tersebut terlepas dari kategori nilai yang mereka dapatkan, yaitu 4+15+7+4 = 30 siswa. Selanjutnya Anda bisa langsung menghitung persentase siswa dari kategori tertentu, yaitu

  • Persentase siswa dengan nilai kategori A = 4/30 x 100% = 13.33%
  • Persentase siswa dengan nilai kategori B = 15/30 x 100% = 50%
  • Persentase siswa dengan nilai kategori C = 7/30 x 100% = 23.33%
  • Persentase siswa dengan nilai kategori D = 4/30 x 100% = 13.33%

Dari perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki nilai kategori A ada 13.33%, siswa bernilai kategori B ada 50%, siswa bernilai kategori C ada 23.33% dan sisanya 13.33% adalah siswa dengan nilai kategori D.

Itulah cara menghitung persentase nilai siswa dengan mudah dan bisa langsung Anda praktekkan. Ilustrasi kelas tersebut dapat memudahkan Anda untuk memahami bagaimana operasi matematis yang diterapkan dalam perhitungan persentase ini.

Author: boz pulsa