Cara Meningkatkan Keterampilan JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat pada tahun 1995 oleh Brendan Eich, yang merupakan penemu resmi dari bahasa pemrograman JavaScript ini. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk membuat halaman web interaktif dan untuk manipulasi DOM tingkat lanjut. JavaScript pada awalnya dimaksudkan sebagai bahasa skrip sisi klien tetapi sekarang dapat digunakan di sisi server dan klien.

Penggunaan JavaScript pada sisi klien menjadi lazim setelah munculnya server Node JS. Dengan menggunakan Node JS kita bisa menjalankan JavaScript sebagai server dan melakukan berbagai perhitungan yang rumit sampai kepada akses ke database server.

Anda dapat menemukan banyak sumber untuk mempelajari JavaScript, dari buku hingga situs web. Bahkan ada banyak sekali e-book gratis di Internet yang dapat Anda unduh. Salah satu cara untuk mempelajari bahasa pemrograman ini adalah dengan membaca buku atau website yang bereputasi baik. Ada banyak sekali buku yang mengajarkan Anda cara menggunakan JavaScript, tetapi berikut adalah lima situs web yang mengajarkan Anda segala sesuatu yang perlu diketahui tentang bahasa pemrograman ini.

 

Code Academy

Code Academy menyediakan tutorial interaktif berbasis web tentang bahasa dan teknologi pemrograman. Mereka menawarkan uji coba 14 hari gratis sehingga Anda dapat mencoba layanan mereka terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran. Mereka memiliki komunitas yang kuat yang mampu membantu satu sama lain ketika pertanyaan muncul.

 

Pelatihan JavaScript Nextgen

Pelatihan JavaScript Nextgen cukup menarik, Anda akan ditantang untuk belajar JavaScript dengan langsung mengerjakan tugas coding. Jadi Anda akan belajar sampai mengerjakan coding. Tugas-tugas coding ini akan diperiksa otomatis dan online oleh sistem yang dibuat oleh Nextgen. Hanya peserta yang dapat menyelesaikan semua tugas coding yang akan lulus dan mendapatkan sertifikat.

 

Tutorial JavaScript

Situs web ini, dibuat oleh Ethan Brown (salah satu kontributor teratas di StackOverflow), dan merupakan cara interaktif untuk mempelajari JavaScript secara mendalam dan detail serta belajar tentang HTML5, CSS3, dan lainnya. Sudah ada sejak 2006 dan diperbarui secara berkala oleh Ethan Brown, menjadikannya situs web yang sangat andal untuk mempelajari topik ini.

 

Jaringan Pengembang Mozilla

Situs web ini menawarkan tutorial, materi referensi, video, dan demo yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari JavaScript dari awal. Ini mencakup versi bahasa terbaru termasuk ECMAScript5.

 

Udacity

Situs web ini menawarkan kursus gratis selain opsi berbayar yang akan membantu Anda menguasai JavaScript serta bahasa pemrograman lainnya. Mereka menawarkan video dan tutorial langsung untuk pemula hingga pelajar tingkat lanjut.

Author: boz pulsa