Cara Mudah Menghafal Rumus Matematika

Tak hanya fisika, mata pelajaran matematika juga kerap dijumpai berbagai rumus perhitungan yang membuatnya semakin sulit untuk dipahami. Matematika memang menjadi momok tersendiri selama mengenyam pendidikan karena diakui banyak orang menjadi mata pelajaran yang sulit. Meski begitu adanya soal SBMPTN Matematika IPA yang wajib dikerjakan, memaksa siapa saja memutar otak untuk menguasainya.

Cara Mudah Menghafal Rumus Matematika

Rumus dalam mata pelajaran matematika akan mulai didapatkan sejak SMP, beberapa sekolah bahkan sudah memperkenalkan materi ini sejak SD. Rumus menjadi salah satu metode mutlak untuk bisa mendapatkan hasil hitungan yang akurat dari sebuah materi atau soal. Menghafalnya di luar kepala membantu mengerjakan soal dengan tepat sekaligus efisien.

Hanya saja jenis rumus ini beragam dan diterapkan pada jenis soal yang berbeda-beda, sehingga sulit untuk dihafalkan di luar kepala. Meski begitu begitu, ternyata banyak cara bisa diusahakan untuk mampu menghafalkannya. Beberapa diantaranya adalah:

  • Pahami Dasar Asal Rumusnya

Bermain logika ternyata dapat membantu menghafalkan berbagai rumus di dalam mata pelajaran matematika. Yakni dengan memahami asal muasal rumus tersebut bisa terbentuk. Misalnya saja untuk perhitungan bilangan negatif ditambah bilangan positif.

Logikanya adalah jika angka sudah negatif maka akan dikurangi dengan angka positif meski perintah menghitungnya ditambahkan. Semakin besar angka negatifnya maka hasil perhitungan akan berwujud angka negatif pula. Mengandalkan logika dalam menghafalkan rumus bisa sangat membantu mengingat rumus tersebut.

Rumus yang lebih rumit pun menjadi lebih mudah diingat jika di-logika terlebih dahulu. Oleh sebab itu penting untuk membaca soal dengan seksama dan mendengarkan guru saat menjelaskan rumus itu sendiri.

  • Menuliskan Rumus dan Menempelkannya

Ada kalanya untuk bisa mengingat rumus matematik dari yang sederhana sampai yang rumit, adalah dengan melihat rumus tersebut lebih sering. Jika memiliki sifat serupa maka Anda bisa mempergunakan media kertas kecil-kecil. Tulis rumus di dalam kertas tersebut kemudian ditempelkan di tempat-tempat yang mudah terlihat.

Semakin sering melihat rumus tersebut maka semakin mudah untuk dihafalkan di luar kepala. Jadi, silahkan untuk diterapkan sehingga saat menjumpai soal dengan rumus tersebut di dalam latihan soal SBMPTN Matematika Dasar Anda bisa mengerjakannya dengan lebih efisien.

  • Dijadikan sebagai Lagu

Tidak peduli berapa usia Anda, menghafalkan rumus dengan dijadikan lagu masih terbilang sangat efektif. Jika semasa kecil angka hasil perkalian dibuat lagu maka tetap bisa dilanjutkan saat sudah dewasa. Tak hanya mengandalkan rumus yang dilagukan oleh pihak tertentu, Anda bisa membuatnya sendiri secara personal.

Ciptakan lagu untuk mengingat rumus yang dipelajari sendiri, sehingga bisa memilih nada sesuai lagu favorit. Kesempatan untuk bisa mengingat rumus ini tanpa perlu membuka buku lagi semakin besar. Silahkan dicoba, dan tidak ada salahnya dibuat lagu bersama teman agar lebih mudah dihafalkan dan dipelajari.

  • Latihan Soal Secara Teratur

Untuk bisa mengingat beragam rumus matematika dan pelajaran fisika yang banyak dan rumit. Ternyata akan lebih mudah jika sering berlatih mengerjakan soal dengan rumus tersebut. Semakin rajin berlatih semakin mudah untuk mengingat rumusnya di luar kepala sehingga bisa mengerjakan soal dengan lebih cepat dan tepat.

Latihan ini bisa dilakukan sendiri di rumah baik sendiri maupun bersama teman dan didampingi orangtua. Bisa pula dengan aktif mencari latihan soal di internet, misalnya saja dengan berkunjung ke situs Edutore by Gramedia. Situs ini menyediakan bank soal dan materi yang dijelaskan dengan metode yang unik dan lengkap.  Ada juga biologi kelas 10, dan biologi kelas 11.

Sehingga bisa dijadikan destinasi untuk belajar rumus matematika dan IPA secara online dimana saja dan kapan saja. Menariknya latihan soal di situs ini gratis, sehingga memberi kebebasan memilih soal sesuai kebutuhan tanpa khawatir soal anggaran.

Memperbanyak latihan juga bisa dilakukan dengan mengikuti kursus matematika maupun IPA. Pastikan memilih tempat kursus terbaik untuk mendapatkan latihan lebih sering dan diajari dengan metode yang efisien.

Rumus yang rumit di dalam matematika menjadi tidak terlalu sulit untuk dihafalkan, dengan menerapkan beberapa cara di atas. Silahkan menerapkan salah satu atau beberapa sekaligus untuk menemukan metode menghafal yang paling cocok dengan karakter Anda. Jangan lupa latihan rutin supaya lebih mudah mengerjakan soal SBMPTN Matematika IPA di kemudian hari.

 

Author: boz pulsa