Cara Scan Dokumen Menggunakan HP Android dengan Mudah

Bagaimana cara scan dokumen menggunakan HP? Nggak perlu ke tempat fotocopy maupun membeli alat scanner yang mahal, Kamu bisa menggunakan HP untuk memindai dokumen dengan mudah. Manfaatkan kemajuan teknologi yang semakin canggih ini untuk melakukan apapun lebih praktis. Yuk, ketahui cara scan dokumen melalui ponsel berikut sesuai rekomendasi KuotaBro.

Cara melakukan scan dokumen menggunakan HP Android bisa melalui beberapa metode. Berikut Kami berikan dua tutorial melakukan scan dokumen menggunakan ponsel Android memakai Google Drive dan aplikasi scanner. Langsung saja berikut ini tutorialnya:

1. Menggunakan Google Drive

Kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan jika menggunakan cara ini. Karena Google Drive sudah terinstal secara otomatis bagi pengguna Android. Berikut cara scan dokumen menggunakan HP melalui Google Drive:

  1. Masuk ke aplikasi Google Drive
  2. Klik Tambah/ Add di pojok kanan bawah
  3. Klik tombol Scan
  4. Arahkan kamera ponsel untuk mengambil foto dokumen yang akan dipindah. Kamu bisa melakukan penyesuaian area pemindaian (klik Pangkas/ Crop) dan memindai halaman lain (klik Re-scan current page, klik Add).
  5. Jika sudah selesai memindai, lanjutkan penyimpanan dokumen dengan klik Selesai/ Done)

Hasil pemindaian nantinya akan ditambahkan secara otomatis ke Google Drive dalam format PDF. Biasanya nama dokumen diawali dengan kata scanned dan diikuti waktu dan tanggal pembuatan. Untuk memindahkan, menghapus ataupun mengganti nama dokumen tersebut bisa klik titik tiga di sebelah nama file.

Agar kedepannya lebih mudah jika ingin memindai dokumen maka Anda bisa membuat pintasan pemindai Google Drive di layar ponsel. Caranya dengan: Buka Widget ponsel >> temukan Drive Scan >> sentuh & tahan widget >> drag/ seret ke layar utama ponsel. Biasanya nanti Kamu harus memilih akun terlebih dahulu.

Mudah sekali bukan cara scan dokumen menggunakan HP melalui Google Drive? Apalagi Kamu tidak harus menginstal aplikasi secara terpisah.

2. Menggunakan Aplikasi Tiny Scanner

Cara scan dokumen menggunakan HP lainnya juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan yaitu Tiny Scanner. Unduh dan instal aplikasi ini melalui Google playstore yang bisa didapatkan secara gratis dengan. Cara menggunakannya bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download dan instal aplikasi Tiny Scanner di Smartphone, lalu buka aplikasinya
  2. Kemudian klik pada ikon foto atau galeri yang ada di bagian paling bawah. Klik foto sebelah kiri apabila ingin mengambil foto langsung. Namun jika ingin mengambil dari galeri maka bisa klik icon galeri yang di sebelah kanan.
  3. Pilih atau ambil foto yang ingin di scan, Kamu bisa melakukan penyesuaian dengan memotong atau crop, setelah itu klik OK.
  4. Setelah itu lakukan penyimpanan, di sini bisa menyimpan dengan format JPG atau PDF.

Aplikasi Tiny scanner juga sudah dilengkapi dengan fitur untuk membagikan secara langsung berkas atau dokumen yang dipindai. Seperti menggunakan WhatsApp, drive, atau media berbagi lainnya.

Selain aplikasi Tiny Scanner, ada nama-nama aplikasi lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai alat pemindaian dokumen gratis melalui ponsel. Beberapa diantaranya sebagai berikut yang tersedia di Google Play Store:

  • CamScanner
  • PDF Scanner App
  • Simple Scan
  • Clear Scan
  • Easy Scanner
  • dll

Nah, itulah beberapa cara scan dokumen menggunakan HP Android tanpa ribet dan gratis. Btw, aplikasi scanner ini wajib dimiliki oleh mahasiswa untuk mendukung kegiatan perkuliahan. Jadi Kamu tidak perlu bolak-balik ke tempat print yang biasanya menyediakan layanan scanning dokumen.

Author: boz pulsa