Cegah Penularan Virus Corona dengan Memahami Cara Memakai Masker yang Baik dan Benar!by boz pulsaon.Cegah Penularan Virus Corona dengan Memahami Cara Memakai Masker yang Baik dan Benar!Akhir-akhir ini dunia sedang dikacaukan dengan kemunculan sebuah virus yang bernama Covid-19 atau  corona. Virus yang awalnya muncul di Wuhan, China ini menular dengan cepat sehingga telah memakan banyak sekali korban jiwa. Meskipun begitu, kamu jangan panik dulu sebab kamu bisa melindungi diri dengan cara meningkatkan daya tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat bisa didapatkan […]

Akhir-akhir ini dunia sedang dikacaukan dengan kemunculan sebuah virus yang bernama Covid-19 atau  corona. Virus yang awalnya muncul di Wuhan, China ini menular dengan cepat sehingga telah memakan banyak sekali korban jiwa. Meskipun begitu, kamu jangan panik dulu sebab kamu bisa melindungi diri dengan cara meningkatkan daya tubuh.

Daya tahan tubuh yang kuat bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta tak lupa untuk tetap memakai masker kesehatan. Menggunakan masker juga tidak boleh sembarangan, harus dengan cara yang baik dan benar. Lalu bagaimana sih cara memakai masker yang baik dan benar? Berikut jawabannya.

Memilih masker sesuai kebutuhan

Jenis masker yang dipercaya bisa mencegah penularan virus corona ialah masker jenis N95 dan surgical masker. Masker N95 baik digunakan para tenaga medis yang biasa berinteraksi langsung dengan pasien pengidap virus corona, sedangkan surgical masker bisa kita gunakan sehari-hari karena mampu menyaring partikel virus corona yang bisa mengganggu pernapasan.

Mari Cegah Penularan Virus Corona dengan Memahami Cara Memakai Masker yang Baik dan Benar!

Menggunakan masker dengan posisi yang benar

Hampir semua masker kesehatan  memiliki dua warna, seperti warna hijau dan putih, serta warna biru dan putih. Cara pemakaian yang benar yaitu warna putihnya berada di bagian dalam karena berfungsi sebagai penyerap. Sedangkan untuk warna biru atau hijau berada di bagian luar karena memiliki sifat waterproof atau tahan air.

 

Menekan kawat masker dengan mengikuti bentuk hidung

Kebanyakan orang tidak tahu cara menggunakan masker yang benar, mereka hanya beranggapan yang penting mulut mereka sudah tertutupi. Padahal seharusnya memakai masker dilakukan dengan menekan kawat masker dengan mengikuti bentuk hidung. Hal itu berfungsi agar masker bisa melindungi dan menutup secara keseluruhan.

 

Tarik masker hingga menutupi dagu

Masker kesehatan didesain dengan bentuk yang berlapis agar bisa berfungsi secara maksimal. Memakai masker yang benar adalah menutup bagian hidung sampai dagu supaya wajah terlindungi dari virus terkenal bisa masuk dari segala sisi.

 

Saat masker sudah lembab atau kotor segera buang lalu ganti dengan masker yang baru

Ingatlah bahwa masker hanya bisa digunakan sekali saja dan setelahnya kamu harus mengganti dengan yang baru. Melepas masker juga tidak boleh sembarangan, lepaskan bagian belakangnya dengan syarat tidak menyentuh bagian depannya. Setelah melepaskan masker, jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir agar tubuh terhindar dari berbagai virus dan bakteri.

Itulah cara-cara yang baik dan benar menggunakan masker demi mencegah penularan virus corona. Kunjungi blog kesehatan synergyofficial.co.id/.Semoga bermanfaat dan jaga kesehatanmu ya!

 

Author: