Hal-hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Fotografi Landscapeby boz pulsaon.Hal-hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Fotografi LandscapeSaat kita berwisata, atau hanya sekedar jalan-jalan, terkadang kita ingin mengabadikan suatu pemandangan atau momen indah tertentu. Pemandangan adalah objek pertama dari foto landscape. Biasanya, binatang ataupun orang tidak terlihat dalam foto landscape, walaupun terkadang terlihat pada gambar, namun hasil dari gambar tersebut nampak kecil. Ada beberapa pendapat dari fotografer bahwa kota, lautan pantai dan […]

Saat kita berwisata, atau hanya sekedar jalan-jalan, terkadang kita ingin mengabadikan suatu pemandangan atau momen indah tertentu.

Pemandangan adalah objek pertama dari foto landscape. Biasanya, binatang ataupun orang tidak terlihat dalam foto landscape, walaupun terkadang terlihat pada gambar, namun hasil dari gambar tersebut nampak kecil.

Ada beberapa pendapat dari fotografer bahwa kota, lautan pantai dan gedung atau bangunan manusia lainnya ialah bukan dari bagian foto landscape. Isi dari foto tersebut akan lebih akurat apabila disebut dengan bentangan kota dan hamparan laut yang luas.

Jika dilihat dari adanya pendapat tersebut, mungkin saja memang benar bahwa foto landscape merupakan gambar yang memperlihatkan hamparan luas secara keseluruhan beserta isinya.

Berikut penjelasan mengenai foto landscape.

1. Foto Landscape Harus Mempunyai Tujuan

Untuk menghasilkan foto landscape yang bagus, si pemotret harus bisa memberikan point interest terhadap penyimaknya, dan juga harus bisa mengisahkan apa aja (sesuai) dari hasil foto yang diambil oleh fotografi.

Selain itu, foto landscape yang bagus selalu bisa membuat penglihatnya tertarik dan menemukan satu poin penting yang ada di dalam foto tersebut. 

Mengambil sebuah foto, dan apapun bentuknya (objek), tujuan dari foto tersebut adalah untuk menghibur para penglihatnya dengan momen-momen tertentu yang ada pada foto tersebut. 

Selain itu, hasil dari foto landscape yang bagus bisa mengingatkan kamu terhadap tempat terindah yang pernah kamu kunjungi pada masa lalu.

2. Berbagi Perasaan 

Tujuan lain dari fotografi landscape adalah berbagi perasaan yang tiba-tiba hadir dalam satu waktu.

Misal seperti ada satu hal yang kamu lihat, dan ternyata sesuatu tersebut merupakan hal yang sangat menakjubkan, mungkin kamu bisa mengambil hal itu dengan cara memotretnya dengan foto landscape lalu dibagikan kepada lainnya dengan cara diunggah ke akun sosial media.

3. Apa yang Tidak Termasuk dalam Foto Landscape

Fotografi landscape adalah bukan sebuah foto jurnalis, kenapa? Karena bentuk dari foto tersebut bukan seperti dokumentasi.

Tujuan sebenarnya dalam mengambil foto landscape ini bukan hanya untuk mementingkan pengambilan objek gambar secara biasa, tapi mengambil objek foto yang bisa menghasilkan luar biasa.

4. Tipe Fotografi Landscape

Berikut ada beberapa tipe fotografi landscape yang perlu kamu ketahui.

A. Foto Landscape Representasi

Untuk bentuk dari foto landscape ini, para fotografer tidak berbuat apa apa dalam mengubah tampilannya, namun hanya mengambil gambar dari keindahan yang ada pada alam beserta seluruh isinya.

Bagian dari melakukan fotografi adalah cahaya, cuaca, dan waktu yang tepat untuk pengambilan gambar.

B. Foto Landscape Impresi

Biasanya jenis foto seperti ini menggunakan teknik yang bertujuan untuk menghasilkan gambar yang bisa menarik perhatian dari kreativitas yang dilakukan oleh fotografer.

Tipe fotografi ini biasanya berkarakter subjektif. Kenapa? Karena dari setiap orang yang melihat foto tersebut mempunyai sudut pandang yang beda.

Apakah tipe fotografi seperti ini masih termasuk ke dalam kategori foto landscape? Tentu saja, karena objek gambar yang diambil ialah dari keindahan alam beserta isinya.

C. Foto Landscape Abstrak

Nah, foto landscape seperti ini dapat memperlihatkan pola dan bentuk-bentuk yang ada di alam sekitar. 

Bukan hanya itu saja sebenarnya, karena untuk menghasilkan foto landscape abstrak bukan harus mengambil objek pemandangan alam saja, namun kamu pun dapat mengambil objek dari sudut perkotaan.

D. Foto Landscape Pedesaan

Biasanya foto landscape pedesaan ini hanya menjelaskan tentang pemandangan yang ada pada pedesaan tersebut.

Untuk mengambil gambar foto seperti ini, biasanya sering dilakukan di luar perkotaan, misal seperti di daerah kampung yang terdapat sawah, atau bukit yang terdampar hamparan hutan yang luas.

E.  Foto Landscape Laut

Foto landscape laut adalah foto yang memperlihatkan keindahan dari hamparan laut dan pantai yang luas.

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, alangkah baiknya kamu memotret dari atas ketinggian sehingga hasil dari potret tersebut menunjukkan laut dan darat yang sangat indah.

Sekian ulasan kali ini mengenai Fotografi Landscape, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para penikmat foto landscape.

 

Author: 

Related Posts