septic tank

Inilah Cara Menghilangkan Bau Septic Tank Secara Alami dengan Mudah dan Ampuh

Septic tank merupakan tempat mengolah limbah cair dari hunian kloset. Wajar, jika bau septic tank tercium tidak sedap dan menyengat karena tempat tersebut menampung tinja manusia. Akan tetapi, cara menghilangkan bau septic tank secara alami dapat diterapkan dengan mudah dan bahannya juga tidak sulit dicari.

Selain itu, saluran pipa tidak berfungsi dan septic tank penuh adalah diantara penyebabnya karena hal tersebut menyebabkan saluran air tersebut. Jadi, bau gas dari septic tank tercium. Bau septic tank sangat mengganggu, sehingga harus dihilangkan segera. Berikut cara mengatasi bau septic tank secara alami:

septic tank

1. Menggunakan Soda Kue

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau septic tank yang menyengat adalah dengan memanfaatkan soda kue. Untuk melakukannya, tuangkan satu cangkir soda kue ke toilet atau wadah pembuangan. Lakukan rutin seminggu sekali agar PH di septic tank berada di 6,8 – 7,6.

Diamkan hingga dua jam sampai  soda kue mengendap di permukaan bawah. Selanjutnya, dua gelas cuka putih dituangkan langsung, buat Gerakan memutar agar cukar tersebar merata. Nantinya, reaksi baking soda kue dan cuka tersebut adalah keluarnya aroma menyengat dari kloset.

2. Taburkan Kapur Gamping

Siapa sangka kapur bangunan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi bau menyengat pada septic tank. Caranya mudah, hanya dengan menaburkan kapur gamping ke sumber bau menyengat di toilet atau saluran pembuangan. Kapur gamping bukan hanya dipercaya dapat melenyapkan bau saja. Namun, masalah seperti kebocoran septic tank juga dapat diatasi dengan mudah.

3. Menggunakan Arang

Cara menghilangkan bau septic tank secara alami selanjutnya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan arang. Kandungan karbon dalam arang dipercaya dapat menjernihkan air dan melenyapkan bau busuk. Untuk melakukannya sangat sederhana, pengguna menyiapkan beberapa arang, kemudian mengikatnya jadi satu dengan tali. Lalu, arang digantungkan dan diikat ke penutup septic tank dengan kuat yang dekat dengan dengan saluran pipa. Terakhir, penutup septic tank ditutup kembali.

4. Memeriksa Ventilasi Septic Tank

Terkadang ukuran ventilasi septic tank yang kecil membuat adanya ledakan gas yang menyebabkan bau septic tank tercium menyengat. Jadi, penting bagi pengguna untuk memeriksa ukuran ventilasi septic tank. Jika memang ukurannya terlalu kecil, maka hal yang bisa dilakukan adalah meminta bantuan tukang untuk memperbaikinya, sehingga tidak mengakibatkan bau.

5. Mengubah Ketinggian Pipa

Cara hilangkan bau septic tank selanjutnya adalah dengan mengubah ketinggian pipa menjadi lebih pendek atau tinggi. Posisi lubang akhir harus dipastikan lebih dari 2 meter. Jika keberadaan septic tank ingin disembunyikan, maka lubang pengeluaran atau pipa harus dibuat ketinggian kurang dari 30 cm.

6. Menggunakan Produk Pengolah Limbah Tinja

Solusi mengatasi septic tank penuh yang paling ampuh adalah dengan menggunakan produk pengolah limbah tinja. Salah satu produk yang terbukti mengatasi permasalahan pada septic tank adalah Septic Tank Biorich. Produk ini sangat ramah lingkungan dan berkualitas baik. Selain itu, produk ini dikenal anti penuh, memiliki body fiberglass berkualitas tinggi.

Septic Tank BioRich dIbekali dengan sistem desinfektan yang mampu menjernihkan air dan mengurai tinja dengan cepat, membuat produk pengolah limbah tinja ini menjadi produk unggulan. Untuk memperoleh produk ini bisa didapatkan dengan mudah di https://www.suryafibertek.co.id/septic-tank-biotech/. Jadi, bisa disesuaikan mana septic tank yang tepat untuk dibuat di rumah.

Itulah cara menghilangkan bau septic tank secara alami dan menggunakan bahan tradisional yang bisa dilakukan dengan mudah dan ampuh. Bau septic tank yang menyengat dan busuk dapat diatasi. Jadi, penghuni rumah nyaman dan tidak terganggu. 

Author: boz pulsa