karies gigi, dan pencegahannya

Jangan Menunda Perawatan Gigi Berlubang, Agar Tidak Sampai Menjadi Karies

Salah satu permasalahan gigi yang menurut saya paling banyak dialami oleh banyak orang adalah gigi berlubang. Gigi berlubang bukanlah kondisi yang bisa dianggap sepele. Jika tidak segera ditangani hal ini bisa merusak gigi dan mempengaruhi kesehatan gigi dan tubuh. Namun sayangnya banyak masyarakat tidak mengerti hal ini. Banyak dari kita, tidak memahami pentingnya merawat gigi, dengan cara berkumur, menyikat gigi secara rutin, dsb. Itulah mungkin yang menyebabkan gigi berlubang menjadi kondisi yang paling umum ditemui dokter gigi.

Banyak dari kita, bahkan dari teman-teman penulis sendiripun, ketika mengetahui bahwa giginya berlubang, tidak lekas mendatangi klinik gigi terdekat di Kelapa Gading tempat mereka tinggal, tapi dengan sengaja menunda dan menyepelekannya. Tidak tahukah anda, bahwa membiarkan gigi berlubang terlalu lama akan menyebabkan karies gigi?

karies gigi, dan pencegahannya

Tanda dari adanya karies gigi ini adalah adanya gigi berlubang. Bila gigi berlubang ini tidak ditangani dengan tepat akan membuat lubang karies yang awalnya coklat menjadi berwarna hitam dan semakin membesar. Awalnya memang karies ini tidak menimbulkan nyeri, namun lama kelamaan akan berasa semakin nyeri dan bisa menimbulkan penyakit serius ke depannya. Itulah sebabnya, bila saat ini anda mengalami gigi berlubang segeralah merawatnya agar tidak menjadi karies gigi. 

Berikut beberapa perawatan gigi untuk mencegah gigi berlubang yang dapat dilakukan:

1. Sikatlah gigi anda sehari 2 kali, pagi dan malam dengan pasta gigi berfluoride. Fluoride ini akan membantu mencegah terkikisnya mineral di permukaan gigi. Sikat dengan sikat gigi yang lembut secara menyeluruh sampai pada sela-sela gigi. Jika gigi anda sensitif, gunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif

2. Penting juga untuk menggunakan dental floss, untuk membersihkan sela-sela gigi yang mungkin tidak terjangkau oleh sikat gigi.

3. Menggunakan mouthwash bisa menjadi pilihan yang tepat. Walaupun saya tidak menyarankannya terlalu sering. Karena sepengetahuan saya, ini juga bisa membunuh bakteri baik yang ada di mulut anda.

4. Rutinlah ke dokter gigi setahun dua kali. Tujuannya adalah melakukan check up gigi. Jadi jika dokter gigi menemukan masalah pada gigi anda, maka dapat ditangani segera, sebelum menjadi masalah berkepanjangan.

Nah mulai sekarang rawatlah gigi anda, agar terhindar dari karies gigi. Dan jika ada indikasi gigi berlubang, segeralah ditangani ke klinik gigi terdekat. Jangan ditunda sehingga bisa menimbulkan masalah serius ke depannya.

Author: boz pulsa