Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Perbedaan Alpukat Mentega dan Alpukat Biasaby boz pulsaon.Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Perbedaan Alpukat Mentega dan Alpukat BiasaAlpukat menjadi salah satu buah yang cukup digemari di Indonesia. Bukan hanya karena rasa yang enak, namun khasiatnya juga beragam bagi kesehatan tubuh. Buah alpukat memiliki berbagai ragam varian yang beredar di pasaran, namun yang paling digemari masyarakat adalah jenis alpukat mentega. Rasa buah ini memang cukup membuat ketagihan karena berbeda dengan buah alpukat biasa. […]

Alpukat menjadi salah satu buah yang cukup digemari di Indonesia. Bukan hanya karena rasa yang enak, namun khasiatnya juga beragam bagi kesehatan tubuh. Buah alpukat memiliki berbagai ragam varian yang beredar di pasaran, namun yang paling digemari masyarakat adalah jenis alpukat mentega. Rasa buah ini memang cukup membuat ketagihan karena berbeda dengan buah alpukat biasa. Padahal dari segi fisik, tak hanya perbedaan antara alpukat mentega dan alpukat biasa. Sehingga tak jarang banyak orang yang salah memilih alpukat mentega. Jika anda penggemar alpukat mentega, anda bisa mengetahui perbedaan dibawah ini sehingga anda tak lagi salah dalam memilih mana alpukat mentega dan manakah alpukat biasa.

Perbedaan Alpukat Biasa dan Alpukat Mentega

Untuk perbedaan alpukat biasa dan alpukat mentega bisa terlihat dari berbagai sisi, mulai dari daging, kulit, tekstur dan lainnya seperti penjelasan di bawah ini.

1. Daging Buah

Salah satu perbedaan yang paling terlihat antara alpukat biasa dan alpukat mentega adalah pada daging buah. Pada alpukat mentega, terlihat daging buahnya mempunyai ukuran yang tebal. Bahkan jauh lebih tebal dibandingkan dengan alpukat biasa yang umumnya dijual di pasaran. Inilah yang membuat jenis alpukat mentega menjadi favorit banyak orang karena daging buah yang tebal serta padat berisi.

2. Tekstur Daging Buah

Bukan hanya tebal dagingnya saja yang membuat berbeda, tekstur buah alpukat mentega dan alpukat biasa juga berbeda satu sama lainnya. Sesuai namanya, jenis alpukat mentega mempunyai tekstur daging buahnya yang lebih lembut dibandingkan dengan alpukat biasa pada umumnya. Sehingga rasanya lebih lezat dikonsumsi dan tak cepat membuat eneg meskipun dagingnya relatif tebal.

3. Rasa Buah

Rasa daging buah juga menjadi perbedaan lainnya antara daging buah alpukat mentega dan alpukat biasa. Alpukat mentega mempunyai rasa yang cukup khas. Lebih manis dibandingkan dengan alpukat biasa namun ada sedikit cita rasa gurih yang membuat siapapun memakan alpukat mentega menjadi ketagihan. Karena itulah rasa alpukat mentega yang lezat membuatnya sering dikonsumsi langsung ataupun diolah menjadi jus

4. Warna Kulit Buah

Jika sudah benar-benar matang, warna pada kulit alpukat mentega berubah dari hijau menjadi warna kecoklatan. Hal ini berbeda dengan jenis alpukat yang lain, yang biasanya tingkat kematangan tidak ditunjukan dari perubahan warna. Ini artinya warna kulit yang masih hijau pun ada kemungkinan buah tersebut sebenarnya telah matang.

5. Tekstur kulit luar

Tekstur kulit alpukat biasanya sedikit kasar, namun ini berbeda dengan alpukat mentega yang mempunyai tekstur cenderung lebih halus dan lembut sehingga sangat mudah membedakannya tanpa harus membuka daging buah alpukat.

6. Biji Buah Alpukat

Ketika tingkat kematangan buah telah sempurna, biasanya biji buah alpukat mentega dapat terlepas dari daging buahnya. Ini juga menjadi perbedaan lainnya antara alpukat mentega dan alpukat biasa. Untuk mengetahuinya, anda dapat menggoyangkan buah alpukat. Jika terdengar bunyi, ini menandakan jika buah alpukat tersebut merupakan alpukat mentega yang telah matang. Selain itu, biji yang terlepas dari daging buah juga menandakan jika alpukat mentega tersebut masak pohon bukan karbitan

7. Proses penanaman

Alpukat mentega cenderung lebih mudah dalam proses penanaman dibandingkan dengan jenis alpukat biasa. Alpukat mentega dapat mudah ditanam di area apapun. Hal ini dikarenakan alpukat mentega bisa tumbuh dengan baik meskipun dalam tekstur tanah apapun. Bahkan anda juga bisa menanam buah alpukat mentega sendiri di halaman rumah

8. Periode panen

Periode panen juga menjadi perbedaan lainnya antara buah alpukat mentega dan alpukat biasa. Berbeda dengan jenis pohon alpukat yang lain, untuk jenis alpukat mentega memiliki kandungan enzim antiprotease dalam pohonnya. Inilah yang membuat ulat maupun hama lainnya tidak menyukai tinggal di pohon alpukat mentega. Karena itulah tingkat keberhasilan panen alpukat mentega juga jauh lebih tinggi dibandingkan yang lain. Alpukat mentega dapat berbuah lebih cepat, umumnya 3-4 tahun setelah proses tanam.

Nah itu tadi beberapa perbedaan dari alpukat mentega dan alpukat biasa. Sehingga kini bukanlah hal yang sulit lagi bagi anda untuk membedakan antara jenis alpukat mentega maupun alpukat biasa.

sumber:

https://www.bibitbuahku.com/bibit-tanaman-buah-alpukat-aligator.htm

https://www.tokopedia.com/blog/perbedaan-alpukat-mentega-dan-biasa/#:~:text=3.%20Daging%20Lebih%20Tebal&text=Daging%20buah%20alpukat%20mentega%20memiliki,lebih%20disukai%20dan%20menjadi%20favorit.

Kenali 7 Ciri-Ciri Alpukat Mentega yang Matang dan Legit

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 9 Perbedaan Alpukat Mentega dengan Alpukat Biasa

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Alpukat Mentega Dan Keistimewaannya Dibandingkan Alpukat Biasa

Author: 

Related Posts