investor emas

Jenis Investasi Paling Tepat Anda Jalankan di Saat Corona

Bagi para pelaku investasi yang bergerak pada beberapa sektor, baik itu dari manufaktur, perhotelan, komoditas perkebunan, bahkan sampai dengan pertambangan sedang mengalami penurunan yang secara drastis. Hal ini dikarenakan adanya penyebaran virus Corona. Kondisi seperti ini menjadikan perekonomian Global yang ada di beberapa negara menjadi tidak stabil dan mengalami penurunan.

Ternyata wabah korona yang belum bisa dikendalikan ini menjadikan para investor terus-menerus berusaha untuk mencari aset yang aman dan tepat. Baik itu Para investor domestik maupun investor asing. Bagi Anda yang mengalami kebingungan ketika ingin memilih investasi apa yang tepat ketika masa pandemi seperti ini, maka Anda bisa mengetahui jenis investasi berikut ini yang aman dilakukan:

 

1.Logam Mulia

investor emas

Investasi emas mempunyai resiko yang tergolong kecil dibandingkan dengan jenis investasi yang lainnya. Namun untuk keuntungan yang diperolehnya pun juga sangat besar. Cara yang dilakukan memang tidaklah terlalu sulit, karena pelaku hanya cukup menerapkan sistem jual beli saja.

Membeli ketika mempunyai uang cukup kemudian menjualnya ketika harga naik atau sedang membutuhkan. Jenis investasi ini sangat cocok bagi para pemula yang mempunyai dana terbatas, karena Anda bisa membeli logam mulia hanya ratusan ribu. Bahkan sampai dengan puluhan juta. Harga logam mulia tergolong lebih stabil, bahkan seringkali mengalami kenaikan di atas inflasi.

 

2.SUN (Surat Utang Negara)

Surat Utang Negara atau SUN menjadi instrumen investasi yang telah diterbitkan pemerintah untuk warga negara Indonesia. Ternyata surat utang ini termasuk sebagai surat berharga negara atau SBN. Anda tidak perlu merasa khawatir akan mendapatkan kerugian, misalnya seperti gagal membayar atau duit hilang, karena investasi ini sangatlah dijamin oleh pihak negara.

Di tengah pandemi seperti ini sangatlah efektif karena obligasi negara yang terdiri dari SAVING BOND RITEL atau SBR, Obligasi Ritel Indonesia atau ORI dan Sukuk Ritel atau SR. Jenis investasi ini sangat cocok bagi para milenial karena modal yang dibutuhkan cukuplah kecil, yaitu mulai dari satu juta.

 

3.Investasi Properti

Melakukan pembelian properti memang tidak hanya bertujuan supaya dapat dijadikan sebagai tempat hunian pribadi. Akan tetapi properti juga dapat dijadikan sebagai investasi yang sangat menguntungkan. Properti yang berupa bangunan atau rumah termasuk sebagai aset dalam jangka panjang yang mempunyai harga tinggi.

Namun hal ini tergantung dari desain, lokasi, luas tanah, atau bangunan, dan kondisi rumah. Jenis investasi ini sangat cocok untuk Anda jalankan, khususnya di tengah kestabilan perekonomian yang tidak stabil seperti saat ini, karena sifatnya yang memang tidak mudah untuk dicairkan atau non Liquid.

 

4.Reksadana Pasar Uang

reksadana

Lembaga riset dari infovesta telah mencatat adanya kinerja Reksadana pada Negeri mayoritas negatif dan hal ini tercatat sejak tahun 2020 awal. Kedatangan covid 19 ini mampu berdampak langsung pada pasar modal, baik itu dari luar negeri maupun dalam negeri. Reksadana campuran dan Reksadana saham memang bukanlah menjadi investasi yang tepat untuk dilakukan di tengah korona ini.

Ketika memilih jenis investasi yang tepat, khususnya di tengah pandemi covid 19 ini Anda harus bisa menyesuaikannya pada profil kemampuan dan resiko. Untuk itu jangan pernah salah dalam mengambil tindakan perihal investasi yang perlu Anda lakukan.

Asalkan Anda dapat menyelesaikan instrumen investasi yang tepat untuk dipilih, maka Anda tidak akan mengalami kerugian yang besar. Bahkan investasi tersebut masih aman dilakukan meskipun pandemi sedang terjadi. Sehingga pandailah dalam menentukan pilihan investasi yang tepat.

Apapun jenis investasi yang Anda miliki di tengah pandemi covid 19, sebisa mungkin Anda tetap tenang dan yakinlah bahwa kinerja instrumen dari investasi yang Anda miliki tersebut tetaplah berjalan dengan baik dan aman. Sebaiknya susun strategi investasi yang tepat supaya dapat mempertahankan keuntungan.

 

sumber: https://www.tieconeast.org

Author: boz pulsa