Jenis Kayu untuk Furniture Minimalis Jepara

Memiliki ukiran yang indah dan khas membuat furniture minimalis kayu jati banyak diminati masyarakat. Selain itu, kualitasnya pun sudah tidak diragukan lagi karena menggunakan material kayu bermutu tinggi. Jika Anda tertarik untuk melengkapi interior rumah dengan furniture atau mebel Jepara, ada beberapa pilihan kayu yang paling umum digunakan untuk bahan baku furniture.

Ragam Jenis Kayu untuk Bahan Baku Furniture Minimalis Jepara

Kayu jati

Jenis kayu terbaik dan paling banyak digunakan untuk furniture Jepara adalah kayu jati. Material kayu ini memiliki karakteristik serat yang lebih tajam sehingga akan bagus untuk tampilan furniture. Mebel Jepara banyak yang menggunakan kayu jati dengan kualitas terbaik. Jadi tidak heran jika furniture ini awet dan dapat bertahan hingga puluhan tahun.

Kayu trembesi

Selain jati, jenis kayu yang dapat menjadi alternatif bahan baku furniture minimalis Jepara adalah kayu trembesi. Umumnya kayu trembesi dengan diameter besar dapat digunakan untuk membuat beragam furniture hingga patung ukiran. Serat kayu teratur dengan warna yang tegas sehingga bagus untuk furniture. Trembesi dapat menjadi alternatif selain jati untuk bahan baku mebel seperti meja, lemari pakaian, rak buku, kursi, dan lain-lain.

Kayu mahoni

Kayu solid yang paling banyak digunakan untuk furniture Jepara selain jati adalah kayu mahoni. Mebel Jepara yang dibuat dari kayu jati memiliki tampilan alami dengan warna kemerahan. Corak dari serat kayu mahoni juga lebih halus dan indah. Kualitas dan ketahanan kayu mahoni tergolong bagus, jadi harganya pun tidak begitu jauh dari furniture minimalis Jepara berbahan kayu jati.

Kayu mangga

Mebel Jepara umumnya tersedia dalam tiga pilihan grade, mulai dari yang paling rendah yaitu grade C, grade B, dan grade C. Biasanya grade A ini menggunakan jenis kayu jati tua yang paling bagus sehingga harganya lebih mahal. Namun jika memiliki keterbatasan dana, Anda bisa memilih furniture Jepara grade di bawahnya. Alternatif lainnya adalah menggunakan kayu mangga yang tidak terlalu mahal seperti jati. Jenis kayu ini memiliki warna putih dan kekuningan yang bagus untuk tampilan furniture. Kayu solid ini juga memiliki sifat yang hampir sama seperti mahoni untuk furniture yang kuat dan awet.

Kayu ulin

Kayu ulin terkenal dengan tekstur kayunya yang sangat keras dan kuat. Selain itu, jenis kayu solid yang satu ini juga memiliki daya tahan yang lebih bagus terhadap serangan rayap. Jadi cocok untuk bahan baku furniture Jepara selain kayu jati dan kayu mahoni.

Demikian beberapa jenis kayu solid yang paling umum digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture minimalis Jepara. Jenis-jenis kayu yang digunakan akan menentukan harga mebel Jepara. Jadi jangan lupa pertimbangkan bahan dasar kayunya untuk mendapatkan furniture Jepara yang sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Author: boz pulsa