Jenis Kayu untuk Membuat Lemari Buku Kayu

Bahan dasar kayu digunakan untuk membuat lemari buku kayu supaya lebih kokoh dan tahan lama. Ada banyak jenis kayu yang bisa digunakan. Setiap jenisnya mempunyai ciri khas dan keunggulan tersendiri. Pemilihan jenis ini bisa menyesuaikan desain interior ruangan atau minat dari pemilik rumah. Berikut 6 jenis kayu untuk membuat lemari buku.

6 Jenis Kayu untuk Membuat Lemari Buku Kayu

1.    Kayu Jati

Kayu jati memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Kelebihannya sangat banyak, mulai dari tahan terhadap berbagai cuaca, kokoh, awet serta tidak mudah dimakan serangga dan hewan pengerat lainnya. Serat alami yang timbul dari kayu bisa menjadi motif tersendiri untuk lemari buku. Warna coklat yang khas semakin membuatnya terlihat sangat eksotis.

2.    Kayu Mahoni

Jenis kedua untuk membuat lemari buku kayu adalah kayu mahoni. Hal paling menarik dari mahoni adalah seratnya sangat beragam dan halus. Harganya tergolong murah, tetapi kualitasnya tidak murahan. Kayu ini biasa dijadikan alternatif untuk membuat berbagai mebel. Penambahan ukiran di bagian lemari akan menambah keindahan lemari.

3.    Kayu Pinus

Warnanya yang terang membuat kayu jenis ini mudah diwarnai dengan berbagai warna. Jika menginginkan warna natural maka serat-serat memanjang dari kayu cukup menarik untuk jadi motif. Bahannya sangat ringan sehingga mudah saat dipindahkan ke berbagai tempat. Kayu pinus biasanya dikombinasikan dengan jenis lain seperti kayu mahoni.

4.    Kayu Merbau

Daya tahan kayu merbau sudah teruji di berbagai cuaca. Bahkan tahan pula terhadap serangan serangga dan tikus. Ciri khas merbau berwarna coklat kemerahan. Lemari buku kayu akan semakin kokoh jika menggunakan jenis merbau, karena terbukti sangat kuat. Saat ini banyak peminat kayu merbau yang menggunakannya sebagai bahan perabot.

5.    Kayu Oak

Sifat kayu oak sangat kuat dan tahan lama. Kayu jenis ini terkenal sangat tahan lama sehingga bisa digunakan sebagai lemari buku selama bertahun-tahun. Pori-pori kayu relatif besar dengan corak guratan yang khas. Biasanya kayu oak dilapisi dengan cat polishing untuk memberi proteksi. Terdapat dua warna yaitu oak putik dan oak merah.

6.    Kayu Maple

Karakteristik utama kayu maple adalah keras dan tidak mudah lembab. Meskipun dipakai bertahun-tahun sebagai bahan lemari buku, tetapi tetap bagus, sama seperti saat pertama kali digunakan. Warnanya yang terang bisa dipoles dengan warna lain. Kayu ini lebih sering dijadikan bahan untuk membuat alat musik oleh para pengrajin.

Demikian tadi 6 jenis kayu yang digunakan untuk membuat lemari buku. Banyaknya peminat lemari buku kayu membuat berbagai jenis kayu berkualitas diolah sedemikian rupa sehingga menjadi produk multifungsi dan awet. Buku yang dimiliki juga akan tertata dengan rapi di rak buku berbahan kayu tersebut.

Author: boz pulsa