Kekayaan Alam Yang Ada Di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang dianugerahi oleh Tuhan akan kekayaan alam yang sangat melimpah. Maka kita sebagai manusia harus selalu bersyukur dengan adanya sumber daya alam di negeri ini.

Salah satu cara bersyukur atas nikmat tuhan yang sudah di kasih kekayaan yang melimpah di Indonesia adalah dengan menjaga sumber daya alam sebaik mungkin dan kalo memanfaatkan sumber daya alam seperlunya saja tidak mengambil secara berlebihan.

Alasanya adalah jika mengambil kekayaan alam secara berlebihan dapat mengakibatkan rusaknya ekosistem yang ada, lingkungan sekitar ataupun dapat merusak keseimbangan alam. Sehingga kelak generasi yang akan datang tidak bisa memanfaatkan kekayaan alam yang ada.

Nah kekayaan alam itu apa sih? Kekayaan alam adalah sumber daya alam yang ada di bumi ini yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. asalkan memanfaatkannya tidak secara berlebihan.

Di Indonesia sendiri kekayaan alam yang ada apa saja sih? Yuk langsung saja simak beberapa kekayaan alam yang ada di Indonesia sehingga bisa kamu manfaatkan.

Beberapa Kekayaan Alam Yang Ada Di Indonesia

  1. Batu bara

Sudah jelas batu bara sendiri sangat banyak kita temukan di Indonesia salah satunya yaitu wilayah Sumatera dan Kalimantan. Batu bara sendiri memiliki harga jual yang cukup tinggi di pasaran. Kekayaan alam batu bara ini tidak dapat diperbaharui maka dari itu kita harus mengambilnya sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.

Sumber daya alam batu bara sendiri lebih banyak diolah oleh perusahaan asal Indonesia sendiri daripada perusahaan asing tidak seperti di papua. Maka dari itu sebaiknya perusahaan tersebut mempekerjakan karyawan di sekitar lokasi sumber daya alam supaya dapat memakmurkan dan menyejahterakan masyarakatnya.

2. Emas

Pasti kalian tidak asing dengan kekayaan alam emas yang ada di papua. Bahkan bisa di sebua cadangan emas yang ada di papua adalah salah satu cadangan emas paling besar di dunia.

Akan tetapi pengolahannya sendiri masih dilakukan oleh perusahaan asing yang mana itu cukup disayangkan. Padahal apabila diolah oleh pemerintah sendiri pasti akan lebih banyak pendapatan negara dan masyarakat.

Sehingga warga di lingkungan tambang tersebut akan sangat makmur dan sejahtera karena memiliki kekayaan alam emas yang sangat besar.

Emas sendiri biasanya diolah menjadi berbagai jenis perhiasan yang memiliki harga jual tinggi di pasaran.

3. Gas alam

Selanjutnya adalah gas alam. Indonesia sendiri benar benar kaya akan sumber daya alam seperti cadangan gas alam yang ada di Indonesia sendiri berada di wilayah BLOK natuna dan BLOK cepu.

Gas alam sendiri dapat diolah menjadi berbagai jenis barang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya untuk bahan bakar kendaraan, gas LPG bahkan bahan bakar pesawat.

4. Kekayaan alam yang ada di laut

Nah untuk yang terakhir adalah kekayaan alam yang ada di laut. Lautan sendiri memiliki segudang manfaat untuk kehidupan. Biasanya manusia mengambil manfaatnya yang ada di bawah laut entah itu ikan, tumbuhan dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Selain itu laut juga bisa dijadikan sebagai objek wisata yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitarnya. Misalnya seperti pantai yang ada di bali maupun raja ampat.

Nah itu dia beberapa kekayaan alam yang ada di Indonesia semoga bermanfaat ya informasi yang saya berikan.

 

Author: boz pulsa