Kenalan dengan Alpukat Nikol, Alpukat Lokal yang Ramai Diperbincangkan

Pada kesempatan kali mari kita membahas mengenai salah satu buah alpukat lokal yang sedang ramai dibicarakan, nama buah alpukat ini adalah alpukat nikol. Walaupun masih dalam masa riset uji lokasi penanaman, buah alpukat nikol sudah menjadi hits dimana-mana. Buah alpukat yang satu ini memang sedang dikembangkan, ditemukan oleh salah seorang petani buah alpukat dari Bogor yakni pak Eflin Sirait.

Pada tahun 2013 pak Eflin mendapatkan buah alpukat dari kota yang dirasa enak, dan kemudian memutuskan untuk menanam biji alpukat yang satu ini di perkebunan alpukat miliknya. Setelah itu 8 tahun kemudian pohon induk alpukat ini akhirnya menghasilkan buah. Tanpa diduga buah alpukat yang ditanamnya menghasilkan buah dengan cita rasa yang enak.

Pak eflin menamakan buah alpukat itu sama seperti keponakan kesayangannya yakni Nikol. Keponakan kesayangannya tersebut menurut penuturan beliau adalah yang paling nakal dari yang lain. Dan beliau berkata “biasanya yang bandel itu yang bakal sukses” jadi harapan pak Eflin adalah agar alpukat yang beliau kembangkan menjadi sukses dan diminati oleh pasar.

Buah pertama yang dihasilkan oleh pohon induk alpukat nikol tidak dinikmati oleh pak eflin sendiri. Beliau ingin menguji rasa alpukat nikol ini apa memang benar-benar cocok atau sesuai disebutkan sebagai alpukat unggul. beliau membagikan kepada teman-teman dekatnya dan beberapa pembudidaya alpukat, salah satunya adalah bibitbuahku.

Ternyata alpukat ini memang memiliki rasa buah yang sangat enak, buahnya lebih cenderung gurih dan asin. Serta ada rasa manis sedikit setelah buahnya masuk ke dalam mulut, daging buahnya juga terasa pulen serta sedikit lengket. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan buah meja tanpa perlu diolah terlebih dahulu.

Daging buah alpukat nikol juga memiliki warna yang cantik karena berwarna kuning mentega namun lebih tua warnanya. Bijinya juga tergolong kecil sehingga anda dapat dengan puas memakan buah alpukat yang satu ini. kulit alpukat nikol memiliki warna hijau saat masih muda.

Kemudian akan berubah menjadi merah kecokelatan saat sudah tua, perubahan warna ini terjadi saat buah masih berada di atas pohon. Namun alpukat nikol tetap harus diperam agar dapat matang secara penuh. Dan menurut penuturan orang yang menanam alpukat ini rasa alpukat nikol akan lebih enak jika diperam saat kulit buahnya mulai berubah warna setengah. Karena kadar minyak dari alpukat nikol ini akan menjadi lebih banyak.

Pohon alpukat nikol juga terkenal akan kegenjahannya karena dapat berbuah cepat dalam kurun waktu 3-4 tahun dengan bibit okulasi atau sambung pucuk. produktivitas pohonnya juga sangat baik jadi sangat cocok untuk dikebunkan oleh petani alpukat. Karena petani pasti memilih jenis alpukat yang mampu tumbuh dan berbuah dengan baik.

Yah walaupun alpukat ini masih belum diedarkan secara luas namun sudah sangat dinantikan kehadirannya di publik. Anda yang penasaran lebih jauh dengan alpukat yang satu ini coba saja kunjungi laman facebook pak Eflin. Dan sekian dari kami semoga anda menikmati apa yang telah kami sampaikan, sampai jumpa di tulisan-tulisan kami yang lain.

Author: boz pulsa