Macam-macam Bunga Langka

Macam-Macam Bunga Langka yang Berbentuk Unik

Bunga menjadi tanaman yang disukai karena bentuknya bagus dan warnanya beraneka ragam. Ada banyak jenis bunga yang tumbuh sebagai bunga hias maupun bunga liar. Beberapa diantaranya menjadi hiasan di rumah. Namun ada beberapa jenis bunga yang termasuk di dalam bunga langka. Macam-macam bunga langka tersebut ada yang bentuknya cukup unik.

Bunga langka biasanya menjadi tanaman yang dilindungi. Bunga yang langka tersebut sudah sangat jarang tumbuh bahkan hanya dapat dihitung dengan jari. Apabila tanaman tersebut tumbuh hanya di tempat tertentu saja. Sebenarnya cukup banyak bunga dan tanaman yang langka tetapi mungkin hanya beberapa saja yang dilindungi.

Baca juga: Toko Karangan Bunga Balikpapan

Macam-macam Bunga Langka Unik

Bentuk bunga biasanya cantik dan bunganya mengeluarkan aroma yang harum. Namun ada bunga yang bentuknya unik dan lucu bahkan ada yang mengeluarkan bau busuk. Bunga yang dikatagorikan langka tersebut mungkin dari bentuknya. Berikut ini macam-macam bunga langka yang memiliki bentuk unik.

1. Bunga Rafflesia Arnoldii.

Macam-macam Bunga Langka

Bunga Rafflesia ini tumbuh di Indonesia dan saat berbunga tidak menentu. Ketika berbunga dapat berukuran sangat besar dan menimbulkan bau busuk. Setelah mekar selama kurang lebih seminggu baru bunga menjadi layu. Saat mekar inilah bunga Rafflesia menjadi perhatian banyak orang.

2. Youtan Poluo.

Bunga Youtan Poulo ini ternyata tumbuh di Indonesia meskipun namanya terlihat asing. Ukuran dari bunga ini sangat kecil, berwarna putih dan berbentuk seperti pentul korek api. Keunikannya adalah dapat tumbuh di media apapun seperti di logam, kaca dan permukaan tanaman. Bahkan menurut cerita hanya tumbuh 3.000 tahun sekali.

3. Lotus Barthelotii.

Bunga ini disebut juga sebagai parrot’s beak atau paruh beo karena memang bentuknya mirip dengan paruh burung beo. Warnanya oranye yang berpadu dengan kuning pada bagian bawahnya. Bunga yang sudah langka ini berasal dari Kepulauan Canary dan hampir punah. Bunga yang langka ini sudah semakin menurun jumlahnya dan dilindungi oleh hukum.

4. Bunga Anggrek Hantu.

Bunga anggrek hantu berasal dari Bahama, Florida dan Kuba yang hanya berbunga pada bulan April dan Agustus. Warna kelopaknya putih dan berbentuk memanjang seperti menggantung sehingga disebut sebagai anggrek hantu. Anggrek hantu sangat unik karena tidak mempunyai daun dan hanya mekar 3 minggu saja. Ketika mekar berbau harum seperti sabun.

5. Lady Slipper.

Lady slipper termasuk sebagai bunga anggrek yang bentuknya dapat dikatakan mirip seperti sandal. Bagian bawahnya berbentuk seperti kantung bahkan mirip seperti bunga kantung semar. Umumnya berwarna ungu di bagian kelopaknya dan kuning pada bagian kantungnya. Anggrek yang termasuk dalam macam-macam bunga langka ini harganya mahal karena sudah langka.

6. Jade Vine.

Jade vine ditemukan di Filipina yang termasuk dalam jenis kacang-kacangan. Bentuknya sangat unik seperti cakar yang menggantung dan memanjang dalam jumlah banyak. Bahkan ada yang panjangnya mencapai 3 meter. Warna dari bunga ini perpaduan antara hijau mint dan biru yang terlihat sangat cantik.

7. Chocolate Cosmos.

Bunga yang berwarna merah gelap kecoklatan ini sangat cantik dan hanya tumbuh di Meksiko. Jika dilihat mirip seperti bunga pukul empat hanya kelopaknya berjumlah lebih banyak. Pertumbuhan alaminya terjadi sekitar 100 tahun yang lalu kemudian dibudidayakan secara vegetatif untuk menjaga dari kepunahan.

Macam-macam bunga langka sekarang sudah hampir sulit ditemukan. Oleh karena itu bunga yang langka tersebut dilindungi oleh hukum untuk menjaga kepunahannya. Berbagai upaya dilakukan untuk budidaya bunga langka apalagi yang bentuknya cantik dan unik.

 

Author: boz pulsa