Macam-Macam Najis

Kalian pasti sudah tau ya apa itu najis.. Najis itu adalah segala sesuatu yang dikaitkan dengan kotor. Nah sebenarnya ada banyak sekali jenis atau macam-macam najis.

Langsung saja yuk kita simak ulasannya sebagai berikut:

Macam-Macam Najis

Islam adalah agama yang sempurna, segala sesuatunya sudah dijelaskan secara jelas dan terperinci di dalam Islam. Salah satu di antaranya adalah masalah najis. Dalam Islam sendiri najis dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian.

Namun sebelum membahas mengenai macam najis, kita akan terlebih dahulu membahas mengenai apa itu najis.

Pengertian Najis

Najis merupakan segala sesuatu yang dianggap kotor dan juga dapat menjadikan penghalang sah nya sholat. Adapun arti lain dari najis adalah sifat hukum suatu barang atau benda yang mewajibkan orang tidak melakukan sholat, baik itu terkena ataupun berada di dalamnya.

Macam – Macam Najis

Najis sendiri terdiri dari 3 jenis, jika dilihat secara garis besarnya. Adapun penjelasanya adalah sebagai berikut:

1. Najis Ringan atau Mukhaffafah

Untuk jenis najis yang pertama ini kita tahu bahwa najis ini ringan, sama halnya dengan nama nya yakni najis ringan. Yang termasuk ke dalam najis ringan sendiri adalah air kencing dari seorang anak laki – laki yang masih menyusui ( Air Susu Ibu) atau seorang bayi laki – laki yang belum makan apapun.

Namun jika bayi laki – laki tersebut sudah makan makanan lain selain ASI maka itu tidak termasuk najis ringan ya teman-teman.

Adapun cara membersihkan najis ini adalah dengan cara cukup percikkan air pada bagian yang terkena najis.

2. Najis Sedang atau Najis Mutawasithah

Seperti namanya diatas yaitu najis sedang berarti najis yang umum biasa kita jumpai. Najis sedang (mutawasithah) ini adalah najis yang berasal dari dubur dan kubul manusia dan juga hewan maupun sejenisnya.

Adapun contoh dari najis sedang ini adalah air kencing, kotoran manusia maupun hewan (kecuali anjing dan babi), dan lainnya.

Namun ada pengecualian disini yakni tidak termasuk najis sedang adalah bangkai, belalang, ikan air mani.

Baca Lengkapnya di : https://www.pendidik.co.id/

3. Najis berat atau Najis Mugholadhoh

Sesuai dengan namanya, najis ini najis yang paling berat di antara ketiga macam najis. Yang termasuk ke dalam najis berat ini adalah najis bekas jilatan anjing, babi atau air liurnya.

Bahkan cara mensucikannya pun harus dengan menggunakan air 7 kali dan salah satu dari ketujuh bilasan tersebut harus menggunakan tanah.

Demikianlah ulasan tentang Macam-Macam Najis. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂

Author: boz pulsa