Manfaat Makan Coklat Malam Hari yang Tidak Boleh Secara Berlebihan

Siapa yang tidak suka coklat? Ketika hari-hari Anda dipenuhi dengan tekanan pekerjaan, stres, kemacetan lalu lintas, dan banyak lagi, cokelat bisa menjadi penghibur yang sehat. Menurut penelitian, cokelat dapat meningkatkan mood Anda untuk membuat Anda lebih positif dan bahagia. Manfaat makan coklat malam hari yang sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan saat malam hari, dan anda bisa mengolahnya dengan mesin coklat dan alat penghangat makanan, berikut ini manfaatnya.

 

Manfaat Coklat

1. Baik untuk jantung

Cokelat susu memiliki kandungan gula yang tinggi. Tak heran jika rasanya manis dan gurih. Sayangnya, cokelat ini justru bisa memicu diabetes. Sebaiknya pilih dark chocolate yang tidak dicampur dengan bahan lainnya sehingga akan mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh. Satu studi menemukan bahwa cokelat hitam mengembalikan fleksibilitas arteri dan mencegah sel darah putih menempel pada dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan.

2. Mengurangi risiko stroke

Tahukah Anda bahwa makan cokelat dapat menurunkan risiko stroke? Bukan hanya mitos, ternyata 17% hasil penelitian di Finlandia ini ditemukan pada pria. Kakao dalam cokelat terdiri dari flavonoid, yang mempunyai kandungan antioksidan dan bisa menekan oksidasi lipoprotein densitas rendah yang menyebabkan stroke.

3. Memiliki banyak mineral

Cokelat hitam tidak hanya enak untuk dimakan, tetapi juga mengandung banyak mineral bermanfaat seperti zat besi, kalium, selenium dan tembaga. Tembaga yang terkandung ini dapat membantu zat besi membuat sel darah merah sehat dan menjaga sistem kekebalan dan saraf dalam tubuh. Meski begitu, Anda masih harus mengonsumsi sumber mineral lain yang tidak terdapat pada cokelat.

4. Baik untuk kolesterol

Kolesterol tinggi berbahaya bagi tubuh. Tak heran jika banyak orang membatasi konsumsi seafood, daging, serta jeroan untuk menjaga kesehatan jantung. Tenang saja, konsumsi dark chocolate ternyata terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik. Selain itu, makanan ini juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

5. Baik untuk kulit

Apakah Anda sering melihat cokelat sebagai bahan dalam produk kecantikan? Masker cokelat, body lotion, dan kondisioner tidak hanya memiliki aroma yang manis, tetapi juga dapat melembutkan kulit serta rambut! Tidak perlu heran, cokelat ternyata memiliki manfaat kecantikan. Kandungan tinggi flavonol dan zat pengoksidasi dalam dark chocolate dikatakan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

6. Menurunkan berat badan

Banyak orang beranggapan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi cokelat menyebabkan kenaikan berat badan. Di sisi lain, cokelat sebenarnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan! Darimana? Tentu saja! Ternyata makan cokelat sebelum makan bisa memicu hormon di otak yang berkata, "telah kenyang," sehingga membantu mengurangi porsi makan Anda. Namun, karena kandungan gulanya yang tinggi, Anda tentu harus membatasi asupan cokelat!

7. Baik untuk ibu hamil

Cokelat juga dapat menurunkan stres pada ibu hamil, dan tidak hanya dalam diet. Bahkan, penelitian di Finlandia mengungkapkan bahwa ibu yang mengonsumsi cokelat lebih sering melahirkan bayi yang menjadi lebih sering tersenyum ketimbang yang tak mengkonsumsinya. Wow, apakah ibumu suka makan cokelat saat kamu hamil?

8. Dapat mencegah diabetes

Kandungan gula yang tinggi membuat cokelat menjadi camilan yang tidak sehat. Makanan ini tidak hanya mengakumulasi kalori, tetapi juga dapat merusak gigi Anda! Meskipun kedengarannya tidak masuk akal, kakao telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin. Namun bukan cokelat susu, Anda pasti perlu mengkonsumsi cokelat hitam dalam takaran yang tepat. Konsumsi secara teratur dipercaya dapat menghambat obesitas.

Author: boz pulsa