Mencangkok Pohon Jambu Biji dengan Cara yang Mudah

Baiklah para pembaca yang kami banggakan, di kesempatan kali ini kami akan menyampaikan Materi mengenai Mencangkok Pohon Jambu Biji. Demikian juga mengenai Alat-alat yang perlu disiapkan. Silahkan kalian ikuti materi ini dengan baik hingga rampung.

Mencangkok Pohon Jambu Biji Dengan cara yang Mudah

Dengan Mencangkok adalah salah satu dari cara yang banyak dilakukan untuk memperbanyak tumbuhan. Secara umum mencangkok dilakukan untuk memperbanyak tumbuhan yang pohonnya keras Jambu batu dan yang lainnya. Jika Kamu mau memperbanyak tumbuhan jambu biji, maka sebaiknya coba cangkoklah jambu biji tersebut. Penanaman dari hasil cangkok ini lebih cepat berbuah, bahkan bisa langsing berbuah dengan catatan cara cangkoknya yang baik dan benar. Bukan hanya itu saja, melainkan bibit yang ditanam dengan menggunakan tata cara mencangkok akan berkembang cepat dan tumbuh persis seperti indukannya.

Cara Mudah Cangkok Jambu Biji

Untuk diketahui bahwa bibit cangkok ini masih dikategorikan mahal jika dibandingkan dengan bibit dari biji, maka Kamu sedapat mungkin agar menggunakan kemampuan ini sebagai salah satu dari kesempatan kamu usaha.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum kamu memulai untuk mencangkok, maka kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu perlengkapan dan bahan yang diperlukan. Siapkanlah perlengkapan, bahan yang akan digunakan sebelum kamu mulai mencangkok. Adapun yang harus disiapkan adalah;

  1. Tali dari rafia atau dari bahan apa saja yang penting kuat.
  2. Pisau atau gunting yang tajam.
  3. Tanah gembur yang lembut dan aga basah.
  4. Pupuk kompos atau pupuk kandang.
  5. Plastik untuk membalut atau boleh juga yang selain dari plastik.
  6. Hormon untuk perangsang akar bila diperlukan.
  7. Pilih tumbuhan induk yang bagus.

Setelah semua perlengkapan dan bahan itu siap, maka langkah selanjutnya yang sangat krusial adalah mempersiapkan dan memilih tumbuhan induknya. Sebagaimana yang sudah dibahas, bahwa kalau hasil bibit cangkokan itu ingin mempunyai mutu yang sama dengan induknya. Ada beberapa kriteria yang perlu dicermati dalam pemilihan induk yaitu: 

  • Pilihlah tumbuhan yang sudah cukup usia dan kuat.
  • Sehat dan tidak terkena serbuan hama dan penyakit.
  • Menurut riwayat, tumbuhan jambu biji itu telah menghasilkan buah tiap tahunnya.
  • Menghasilkan perkembangan yang maksimal.
  • Kedaannya Masih dalam masa produktif dan aktif berbuah.
  • Memiliki cabang, dahan dan ranting yang kokoh serta sehat.

Demikian Materi ringkas tentang; Mencangkok Pohon Jambu Biji Dengan cara yang Mudah – Semoga manfaat buat opera pembaca, selamat mencoba. Terimakasih.

Baca juga di: https://www.tanam.co.id/

Author: boz pulsa