Mengenal Kuliner Khas Pulau Jawaby boz pulsaon.Mengenal Kuliner Khas Pulau JawaIndonesia dikenal memiliki berbagai macam kuliner Nusantara yang memiliki citra rasa yang khas dan kuat. Hampir di berbagai daerah memiliki makanan khasnya yang unik dan menggugah selera. Salah satunya adalah Pulau Jawa. Jawa merupakan tempatnya berbagai macam makanan kuliner yang unik. Siapapun pasti tidak akan menolak jika disajikan makanan khas Jawa. Dengan ciri khas yang […]

Indonesia dikenal memiliki berbagai macam kuliner Nusantara yang memiliki citra rasa yang khas dan kuat.

Hampir di berbagai daerah memiliki makanan khasnya yang unik dan menggugah selera. Salah satunya adalah Pulau Jawa. Jawa merupakan tempatnya berbagai macam makanan kuliner yang unik.

Siapapun pasti tidak akan menolak jika disajikan makanan khas Jawa. Dengan ciri khas yang lezat dan unik, makanan khas Jawa sangat disukai dan bahkan tempatnya pecinta kuliner berkumpul.

Berbagai macam jenis makanan Khas Jawa bisa kamu temui hampir di belahan dunia. Dengan ciri khas citra rasa yang terbuat dari rempah-rempah membuat siapapun saja langsung jatuh cinta.

Makanan tradisional Jawa ini rasanya juga bermacam-macam ada yang memiliki rasa manis, pedas, dan ada juga yang memiliki rasa dari perpaduan semuanya.

Makanan khas jawa identik dengan daerah jawa tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Sedangkan di wilayah Jawa bagian barat biasanya identik dengan sebutan makanan sunda.

Ada banyak menu makanan khas Jawa yang bisa kamu nikmati untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Berikut adalah beberapa makanan khas yang terkenal di Pulau Jawa:

Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah salah satu makanan tradisional yang terbuat dari campuran bahan seperti cingur, kangkung, nanas dan bahan lain sebagai pelengkapnya. Makanan ini berasal dari Surabaya.

Cingur berasal dari bahasa jawa yang berarti mulut, hal ini merujuk pada bahan utama dari rujak cingur yaitu irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke hidangan. Makanan ini sangat terkenal oleh masyarakat Surabaya.

Karena dari penyajiannya, sekilas rujak cingur hampir mirip dengan gado-gado. Namun, pembedanya adalah bahan utamanya yang berasal dari cingur. Rujak cingur sangat disukai oleh para kuliner karena berisikan rujak dari mulut sapi.

Keistimewaan dari Rujak Cingur ini adalah perpaduan rasa dari bahan sayur – sayuran, buah – buahan, dan saus petis yang menghasilkan rasa manis, gurih, legit dan sepat menjadi satu sehingga memberikan cita rasa yang khas. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri cara pembuatannya.

Dalam penyajiannya rujak cingur dibedakan menjadi dua macam, yaitu penyajian biasa dan matengan.

Penyajian biasa berupa bahan bahan yang sudah disediakan pada umumnya, sedangkan matengan hanya terdiri dari bahan-bahan matang saja seperti; lontong, tahu goreng, tempe goreng, bendoyo dan sayur yang telah digodok.

Mendoan

Mendoan adalah makanan sejenis gorengan dengan berbahan dasar tempe yang berasal dari daerah Banyumas, Jawa Tengah.

Berasal dari bahasa Banyumasan yaitu mendo yang berarti setengah matang. Makanan ini sangat terkenal di daerah Banyumas, bahkan sudah terkenal di Indonesia. Mendoan sangatlah dikenal banyak orang karena rasanya yang enak dan tentu harganya yang pas untuk kalangan menengah kebawah.

Mendoan memang makanan khas asli Banyumas. Tapi saat ini sudah beredar makanan ini di sebagian kota di Indonesia, namun tentunya rasanya berbeda dengan mendoan asli Banyumas.

Tidaklah sulit untuk menemukan makanan ini, karena makanan ini mudah dijumpai di rumah makan, warteg, bahkan ada juga yang jualan keliling.

Mendoan khas Banyumas biasa dimakan dengan cabai rawit mentah. Tempe mendoan sangat nikmat jika disajikan masih hangat.

Karena jika sudah dingin, mendoan menjadi layu dan rasanya tidak senikmat ketika baru dimasak. Tempe mendoan dapat dimakan sebagai lauk atau camilan saat santai bersama teman dan keluarga. Seiring berjalannya waktu, mendoan pun divariasikan dengan saus kecap dengan irisan cabai dan bawang merah.

Rawon

Salah satu makanan yang tertua dalam sejarah jawa kuno dan sudah ada sejak 901 masehi, era kerajaan mataram.

Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek yang berasal dari jawa timur.

Dimasak dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas sehingga sangat menggugah selera. Dengan citra rasa yang khas membuat Rawon menjadi icon kuliner di Jawa Timur

Daging yang digunakan pada masakan Rawon ini umumnya adalah daging sapi. Dengan daging yang dipotong-potong kecil dan direbus. Bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, kluwak, kunir dan lainnya dihaluskan.

Diberi penyedap rasa seperti serai, daun jeruk, dan lainnya. Bumbu tersebut di tumis hingga harum. Kemudian dicampurkan dan dimasak bersama dengan kaldu dan potongan daging hingga matang.

Rawon biasanya disajikan bersama nasi hangat dan tauge kecil yang sudah terlebih dahulu direbus.

Rawon lebih enak bila disantap selagi hangat bersama menu lain seperti kerupuk udang, telur asin, dan daging sapi goreng atau empal. Rasa kuah yang manis akan membuat makanan yang terkenal dengan sup hitam ini menjadi lauk yang sangat lezat.

Rawon kini sudah mudah ditemukan di warung makan jawa timur. Bahkan sudah hampir di seluruh kota di indonesia sudah terdapat rawon.

Berbagai macam makanan khas Indonesia yang begitu banyak. Salah satu kekayaan Indonesia yang membanggakan dan tidak pernah punah. Citra rasa yang begitu kuatnya dan menggapai orang-orang luar hingga menjadi terkenal hampir di belahan dunia.

 

Author: 

Related Posts