Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Muntah Busaby boz pulsaon.Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Muntah Busa  Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Kucing juga bisa menjadi teman yang baik seperti halnya jenis hewan peliharaan lainnya misalnya anjing. Namun, sebagai pecinta kucing tentu kamu akan merasa sedih jika kucing kesayanganmu mengalami sakit bahkan hingga muntah sampai berbusa. Sebelum mengatasinya, kamu perlu tahu apa saja penyebab kucing muntah busa tersebut. […]

 

Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Kucing juga bisa menjadi teman yang baik seperti halnya jenis hewan peliharaan lainnya misalnya anjing. Namun, sebagai pecinta kucing tentu kamu akan merasa sedih jika kucing kesayanganmu mengalami sakit bahkan hingga muntah sampai berbusa. Sebelum mengatasinya, kamu perlu tahu apa saja penyebab kucing muntah busa tersebut.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kucing muntah baik itu muntah bulu, muntah cairan kuning, sisa makanan atau bahkan berbusa. Ciri kucing yang akan muntah ini biasanya ketika kucing mulai bersuara aneh, saat muncul desakan dari lambung untuk mengeluarkan muntahan itu. Tentu kamu harus segera mengatasinya, karena setelah muntah kucing tersebut akan lemas dan tidak mau makan.

Penyebab Kucing Muntah Busa

Berikut ini beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab kucing muntah dengan berbusa :

  1. Kucing Sedang Sakit
    Biasanya penyebab utama dari kucing yang muntah dengan berbusa adalah kucing tersebut mengalami sakit, atau adanya virus yang membuat pencernaannya bermasalah. Kucing yang terkena virus kemudian muntah biasanya sudah termasuk kategori sakit yang parah, sehingga kamu harus segera membawanya ke dokter hewan.
     
  2. Kucing Kekenyangan
    Faktor lainnya yang menyebabkan kucing muntah dengan berbusa adalah kucing itu sedang merasa sangat kenyang, karena banyak makanan yang ia makan. Hal ini biasanya terjadi pada kucing yang juga sedang mengalami flu, sehingga di dalam tubuhnya menjadi terlalu penuh.
     
  3. Kucing Sedang Hamil
    Jika kucing peliharaan kamu betina dan mengalami muntah, bisa jadi karena kucing itu sedang hamil dan ia mengalami mual-mual seperti halnya manusia. Muntah berbusa ini biasanya terjadi setelah kucing tersebut makan.
     
  4. Kucing Keracunan
    Bagi sebagian kucing peliharaan yang dibiarkan berkeliaran di luar atau sekitar rumah, mungkin bisa memakan apa saja. Hal itu juga bisa menyebabkan ia keracunan dan ada zat kimia tertentu yang masuk ke tubuhnya, sehingga ia muntah berbusa. Bukan hanya dari makanan saja, bisa juga ia keracunan dari minuman yang mengandung zat kimia tertentu.

Untuk memperoleh informasi lainnya seputar kucing muntah atau kucing sakit, bisa kamu dapatkan di web larispro. Beraneka ragam informasi tentang kucing ada di sana.

Cara Mengatasi Kucing Muntah Berbusa

Sebelum kamu mulai melakukan beberapa cara untuk mengatasi kucing yang muntah tersebut, ada baiknya kamu selami dahulu apa penyebab kucing itu muntah. Ketika kucing peliharaanmu muntah, segera bersihkan bekas muntahan tersebut dan jangan sampai bekasnya termakan atau terjilat oleh kucing dan hewan peliharaan lainnya yang ada di rumah.

Kemudian semprot bekas muntahan kucing dengan desinfektan atau bisa juga dengan cairan antiseptik supaya kuman yang berasal dari muntahan itu tidak menyebar ke mana-mana. Setelah itu, kamu bisa memberikan minum berupa air matang dan bersih. Selayaknya manusia, air putih juga bisa menetralisir racun yang mungkin ada di dalam tubuh. Air putih juga bisa membersihkan pencernaan kucing tersebut.

Untuk membuat kucing kembali berenergi dan tidak lemas, kamu juga bisa memberinya vitamin khusus kucing supaya daya tahan tubuhnya kembali normal. Namun jika ternyata kucingmu muntah karena adanya virus yang masuk ke dalam tubuhnya, sebaiknya segera bawa ia ke dokter hewan karena kucing tersebut harus segera ditangani secara intensif oleh ahlinya.

Kesimpulan

Jika kamu memelihara kucing yang juga dibiarkan berkeliaran di luar rumah, sebaiknya kamu memperhatikan makanan/minuman apa saja yang ia masukkan ke dalam tubuhnya. Apabila kucing kesayanganmu kembali mengalami muntah berbusa, sebaiknya jangan panik dan lakukan cara-cara di atas untuk membuat kucing merasa lebih baik.

 

Author: 

Related Posts