Penyebab Hama di Sawah Banyak

Penyebab hama di sawah banyak memang menjadi permasalahan serius bagi para petani. Sebab mereka akan di mendapatkan ancaman gagal panen karena tanamannya terserang berbagai penyakit. Oleh karena itu haruslah ada penangan serius dalam mengatasi masalah ini.

Penyebab Hawa di Sawah Banyak

Banyak sekali penyebab terjadinya hama semakin meningkat dan menyerang tanaman. Mungkin salah satunya karena terjadi ketidak-seimbangan ekosistem pada alamnya sendiri. Berikut ini beberapa penyebabnya:

Akibat Penggunaan Pestisida Berlebih

Para petani yang kesal akan banyaknya penyakit di ladangnya, kini memutuskan melakukan penyemprotan pestisida dengan menggunakan dosis tinggi. Padahal penggunaan yang over tersebut akan lebih memudahkan hama semakin berkembang biak di sawah. Tidak semua hama dapat diantisipasi dengan penyemprotan obat tersebut. Sebab ada beberapa spesies yang justru memiliki genetik yang tahan akan pestisida jenis tertentu. Kemudian mereka akan mulai bekembang biak dengan cepat sehingga perlu penanganan lainnya.

Resurgensi Hama

Memang penggunaan pestisida dapat menghilangkan atau memusnahkan kehadiran hama di kebun. Namun perlu juga diketahui, bahwa penggunaan secara berlebih juga dapat membunuh musuh hama yang terbentuk secara alami. Seperti burung, ikan, dan hewan-hewan semacamnya. Ketika semua musuh alami hama tersebut mati atau meninggalkan lahan persawahan, maka populasi hama jahat akan semakin meningkat, dan yang kebal terhadap pestisida mulai berkembang biak secara cepat. Sehingga permasalahan para petani akan muncul lagi.

Hama Sekunder Mulai Bermunculan

Dalam penggunaan pestisida memang dapat memusnahkan hama dan merasa bahwa populasi mereka akan berkurang. Namun, di balik perbuatan tersebut, malah akan menimbulkan hama jenis baru yang mempunyai ketahanan akan penggunaan obat-obatan tersebut. Jenis hama semacam ini biasanya bisa dikendalikan dengan musuh alami mereka.

Jadi efek samping dari penggunaan pestisida berlebihan akan memusnahkan, seperti burung, dan semacamnya. Sehingga populasi mereka akan berkembang dengan cepat tanpa ada penghalang. Demikian beberapa penjelasan tentang penyebab hama di sawah banyak. Jadi ketika menjadi seorang petani haruslah memahami secara baik, bagaimana menggarap ladang dengan baik dan benar.

Sumber: https://www.kebun.co.id/

Author: boz pulsa