Pilihan Pengobatan Demam Bayi

Tujuan dari posting blog ini adalah untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang berbagai pilihan pengobatan untuk demam pada bayi. Kami membahas bagaimana demam adalah salah satu alasan paling umum untuk kunjungan dokter anak dan dapat disebabkan oleh infeksi atau kondisi lain seperti pilek/flu yang harus diobati dengan antibiotik. Tujuannya selalu untuk mengurangi keparahan dan durasi untuk penyembuhan dari penyakit apa pun yang menyebabkannya, yang dapat melibatkan penggunaan gel patch pendingin atau bentuk obat antipiretik lain yang sesuai tergantung pada situasi spesifik anak Anda.

Ada banyak mitos tentang penggunaan obat antipiretik untuk demam bayi yang sebaiknya Anda baca karena dapat berpotensi mengancam jiwa hingga berbahaya, tergantung pada sifat mitosnya. Salah satu contoh terkenal yaitu tentang pemberian obat tylenol kepada bayi yang baru lahir. Sangat disarankan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak Anda sebelum memberikan obat-obat tertentu kepada bayi baru lahir.

Jadi, apa saja pilihan obat antipiretik? Kami akan membahasnya secara rinci di bawah ini:

Tambalan/Selimut Pendingin

Ini adalah antipiretik yang populer dan mudah diaplikasikan yang dapat digunakan pada bayi usia 3 bulan.

Patch/selimut pendingin memang mendinginkan kulit bayi dan terbukti aman dan efektif menurunkan demam. Perlu dicatat bahwa meskipun metode ini terbukti aman dan efektif, tidak ada bukti kuat yang membuktikan penurunan demam pada bayi, jadi untuk alasan ini kami merekomendasikan penggunaan obat antipiretik seperti acetaminophen/paracetamol sebagai gantinya, yang juga direkomendasikan oleh AAP sama efektif dan tahan lama.

Patch dapat digunakan di rumah tanpa pengawasan medis tetapi hanya boleh digunakan di bawah pengawasan dokter jika Anda menggunakannya di rumah sakit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat membantu mengurangi demam pada bayi selama digunakan dengan benar.

 

Metode pendinginan lainnya

Ada banyak cara lain untuk menurunkan demam bayi Anda menggunakan metode pendinginan terapeutik seperti mandi air hangat, dan kompres dengan air dingin. Metode-metode ini cukup aman dan efektif untuk digunakan di rumah bagi bayi yang berusia lebih dari 3 bulan.

Metode kompres juga bisa menggunakan bye bye fever bayi. Bye bye fever bayi aman digunakan karena hanya berupa obat kompres yang ditempelkan pada dahi bayi. Tidak banyak efek samping penggunaan metode ini. Harga bye bye fever bayi di apotek juga tidak mahal yaitu sekitar 10 ribu per lembar dan dapat dipakai sampai 8 jam.

 

Parasetamol

Tinjauan Cochrane baru-baru ini terhadap 18 penelitian telah menunjukkan bahwa parasetamol sama baiknya dengan obat antipiretik untuk demam pada bayi, jadi Anda dapat memberikan asetaminofen kepada bayi Anda jika dokter Anda khawatir tentang potensi efek samping obat antipiretik lainnya. Hal yang penting untuk diingat tentang parasetamol adalah bahwa obat ini dapat menyebabkan reaksi dan efek samping termasuk sakit perut atau muntah, tetapi hal ini terjadi cukup umum dengan semua jenis obat antipiretik dan hampir tidak berbahaya.

Yang paling penting untuk diingat tentang parasetamol/asetaminofen adalah bahwa dosis bayi harus ditentukan berdasarkan berat badan, jadi selalu mintalah saran dokter Anda terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada anak Anda. Juga, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa acetaminophen aman dan efektif dalam mengurangi demam untuk bayi usia 6 bulan. Jadi, Anda tidak perlu menunggu sampai bayi Anda berusia satu tahun sebelum memberi mereka obat ini.

 

Kesimpulan

Banyak obat antipiretik yang tersedia untuk digunakan orang tua untuk mengurangi demam pada bayi, dan masing-masing memiliki kelebihannya sendiri. Jenis obat yang paling umum digunakan oleh dokter untuk tujuan ini adalah asetaminofen/parasetamol, yang telah terbukti aman dan efektif untuk menurunkan demam pada bayi berusia 6 bulan.

Author: boz pulsa