How can we prove the divine nature of the Holy Quran? | Ask the Sheikh

Selintas Tentang Sejarah Turunnya Alquran yang Wajib Diketahui

Allah SWT menurunkan Alquran sebagai pedoman hidup bagi umat Islam. Oleh sebab itu, sejarah turunnya Al quran untuk pertama kali ke dunia selalu menjadi hari yang bersejarah bagi seluruh umat Islam, bahkan selalu diperingati sebagai hari besar dan bersejarah untuk mengingat kembali perjalanan nabi Muhammad SAW ketika menerima wahyu untuk pertama kali.

Alquran sebagai kalam Allah, diturunkan kepada nabi Muhammad SAW untuk disampaikan kepada seluruh umat Islam. Isinya berupa kabar gembira kepada setiap umat Islam yang taat dan berpegang teguh kepada agama Allah. Tidak hanya itu, azab yang pedih pun akan diberikan kepada orang-orang yang mengingkari kebenaran Alquran.

Melalui Perantara Malaikat Jibril Sebagai Mukjizat Nabi Muhammad SAW

Sejarah turunnya Alquran untuk pertama kali disampaikan oleh malaikat Jibril untuk pertama kalinya di gua Hira. Surat yang pertama kali disampaikan adalah Al 'Alaq, yang di dalamnya berisi perintah untuk membaca Alquran. Ayat yang pertama kali terdapat pada Alquran adalah Iqra, Iqra, yang berarti bacalah bacalah.

How can we prove the divine nature of the Holy Quran? | Ask the Sheikh

Artikel Lainnya: Belajar Alquran dan Tahsin Online

Ketika pertama kali menerima wahyu tersebut, nabi Muhammad SAW mengalami panas dingin dan gemetar hebat. Bahkan, ketika itu selimut yang tebal pun tidak dapat memberikan kehangatan pada tubuh nabi Muhammad SAW. Namun, pengorbanan nabi Muhammad SAW untuk pertama kali menerima Alquran menjadikan kabar gembira bagi seluruh umat Islam.

Diperingati Sebagai Malam Nuzulul Quran

Alquran diturunkan secara berangsur yaitu selama 22 tahun 22 bulan dan 22 hari, dan diturunkan untuk pertama kali tanggal 17 Ramadhan atau jika dalam kalender masehi tepatnya pada 06 Agustus 610 M.

Setiap ayat ayat yang diturunkan Nabi memerintahkan untuk menghafal dan menulisnya di batu, kulit binatang, pelepah tamar dan apa saja media yang dapat digunakan untuk menulis. Selanjutnya, saat ini hari tersebut diperingati sebagai hari sejarah turunnya Alquran atau banyak orang yang mengenalnya sebagai hari Nuzulul Quran, ketika melakukan ibadah puasa.

Hari Nuzulul Quran menjadi hari yang bersejarah bagi umat Islam karena menyimpan sejarah atas turunnya Alquran untuk pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW di gua Hira.

Surat yang pertama kali turun tersebut yakni surat Al-Alaq ayat 1-5 memerintahkan untuk membaca Alquran yang diawali dengan kata “iqro” yang artinya “Bacalah”. Setelah surat Alquran pertama kali turun di gua Hira tersebut, wahyu kedua disampaikan 3 tahun kemudian.

Banyak orang yang belum terlalu mengenal sejarah turunnya Alquran. Khususnya di kalangan umat Islam itu sendiri. Padahal sejatinya, mengenali sejarah Alquran merupakan sebuah keharusan agar mencintai pedoman hidup untuk setiap umat Islam ini.

Walaupun tidak diperintahkan langsung oleh Allah, namun cinta pada Alquran merupakan sebuah kewajiban. Salah satu caranya dengan mengenali sejarah Alquran tersebut.

Analogi mudahnya seperti ini, seseorang tidak akan mencintai sesuatu sebelum mengenal lebih banyak tentang sesuatu tersebut. Demikian juga dengan Alquran, mengenali sejarahnya dan segala sesuatu yang terkait dengan Alquran bisa menumbuhkan rasa cinta kepada Alquran. Hal tersebut merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Islam.

Referensi Sumber: cendekiaprivat.com

Author: boz pulsa