Dampak Corona, Pengusaha Konstruksi Keluhkan Keterlambatan Pengerjaan Proyek

Simulator dalam Proses Konstruksi

Saat ini di dunia desain konstruksi bangunan sedang ngetrend menggunakan konstruksi simulator, karena sekarang kita berada pada fase 4.0 tidak heran lagi jika setiap pekerjaan menggunakan teknologi maka dari itu bidang konstruksi juga harus mengikuti zaman agar tidak tertinggal. Ada baiknya juga menggunakan teknologi karena mempermudah proses kontrol dan pembuatan bangunan.

Salah satu teknologi yang digunakan oleh konstruksi adalah berbentuk simulasi yang bisa membantu perancangan bangunan. Di sini kita akan membahas konstruksi dan simulator.

Lihat juga: Produk dan Jasa Konstruksi Simulator Murah di Medan

KONSTRUKSI

Konstruksi adalah yang membangun sarana dan prasarana. Kegiatan konstruksi ini biasanya dilakukan oleh orang yang bekerja di bidang arsitektur dan teknik sipil. Jadi konstruksi itu adalah objek bangunan yang terdiri bagian – bagian struktur. Contohnya bentuk bangunan secara keseluruhan dari struktur bangunan tersebut, contoh lainnya, konstruksi jalanan, rumah, gedung dan lain – lain.

Konstruksi juga dapat disebut susunan dari suatu bangunan. Meskipun konstruksi banyak di kenal sebagai satu kegiatan tapi ternyata di dalam konstruksi banyak sekali pekerjaan yang berbeda.

Dampak Corona, Pengusaha Konstruksi Keluhkan Keterlambatan Pengerjaan Proyek

Kegiatan konstruksi harus diawasi oleh manajer proyek, insinyur, atau arsitek. Tetapi mereka tidak berada di lapangan tetapi mengawasi dari kantor sedangkan di lapangan diserahkan ke mandor proyek.

Untuk memulai proyek konstruksi harus membuat perencanaan yang efektif. Karena proyek konstruksi ini adalah untuk merancang bangunan infrastruktur harus mempertimbangkan banyak hal misalnya, dampak pada lingkungan, besarnya biaya pembuatan, jadwal rencana yang sesuai, keselamatan tenaga kerja yang lebih penting, material bangunan, logistik, dan  faktor ketidaknyamanan yang dialami lingkungan sekitar yang terganggu selama proyek konstruksi berlangsung.

SIMULATOR

Simulator adalah program yang menyimpulkan suatu alat, tapi kerjanya lambat dari aslinya. Simulator juga dapat diartikan sebagai simulasi benda nyata.

Simulasi adalah metode pelatihan berbentuk tiruan yang mirip dengan keadaan sesungguhnya. Simulasi adalah model software dan mengeksekusi software tersebut sehingga perilakunya menirukan dan mempelajari perilaku.

Simulasi merupakan suatu hasil dari suatu realita. Simulasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya, simulasi juga harus bersifat operasional, artinya simulasi melakukan proses yang sedang berlangsung. Simulasi dapat bersifat fisik, verbal dan matematis.

Simulasi bisa juga digunakan dalam pendidikan karena penting bagi siswa dalam mempelajari tugas merangsang keterampilan psikomotorik. 

Jadi simulator adalah alat atau media yang mirip dengan aslinya, yang kegunaannya di dalam pendidikan adalah dapat membantu seorang pendidik dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa baik di jadikan materi maupun replika alat dalam dunia pendidikan. 

Salah satu alat yang bisa di gunakan adalah Virtual Reality (VR) yang bisa dimanfaatkan dalam merancang sebuah bangunan.

Pembuatan Virtual Reality Simulator pada aktivitas erection girder dalam konstruksi. Girder ereksi atau Erection girder adalah kegiatan memasang balok PCI Girder ke atas tumpuannya. Cara kerjanya petugas yang melakukan simulasi harus mengecek aktivitas, orang, dan material yang dilakukan dalam konstruksi.

Itu dia penjelasan tentang konstruksi simulasi kalian bisa mempelajarinya jika kalian bekerja di bidang arsitek dan teknik sipil.

Simulasi konstruksi ini sangat membantu dalam proses konstruksi. Buat kalian yang ingin membuat konstruksi bisa menggunakan jasa konstruksi simulator di medan.

Terimakasih…. stay safe ya.

 

Author: boz pulsa