Sistem Pertanian Nanas

Siapa yang tidak mengenal buah dengan warna kuning dan memiliki rasa manis asam ini. Salah satu varietas tumbuhan khas dataran tinggi ini, bisa Anda temukan pada pertanian nanas. Di Indonesia sendiri, banyak manfaat seperti, membuat selai, campuran minuman dan rujak.

Langkah-langkah Penanaman pada Pertanian Nanas

Cara menanam nanas tidaklah terlalu sulit. Hanya saja perlu Anda perhatikan beberapa hal. Dengan begitu, hasil panen buah akan menjadi lebih bagus, berkualitas, dan melimpah. Berikut adalah penjelasan teknik penanamannya.

Sumber Lengkap : https://berkebun.co.id/

1. Pembibitan

Langkah pertama dalam penanaman adalah pembibitan. Ini merupakan faktor dasar utama yang memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan tanaman. Bibit haruslah sehat serta bebas dari gangguan dan jangkitan berbagai jenis hama dan penyakit.

Cara pembibitan bisa Anda lakukan dengan dua cara, yaitu generatif dan vegetatif. Jika menginginkan proses yang cepat, maka pilih metode secara vegetatif. Pilihlah induk berbuah dengan tunas batang berukuran sekitar 30 sampai 35 cm.

2. Mempersiapkan Lahan

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa nanas cocok ditanam pada dataran tinggi. Sebelum melakukan penanaman, maka siapkan lahan terlebih dahulu yaitu, pada awal musim hujan bersama dengan proses penyemaian. Ini memiliki tujuan agar pembibitan dan penyemaian selesai dalam waktu sama.

Penyiapan lahan pertanian nanas meliputi beberapa kegiatan, seperti menggemburkan tanah, membuat sirkulasi udara, dan membalikkan posisi tanahnya. Metode yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan cangkul atau membajak.

3. Penanaman dan Pemeliharaan

Setelah menyiapkan lahan, maka langkah berikutnya adalah melakukan penanaman bibit. Buatlah lubang dengan ukuran yang tepat serta perhatikan juga jaraknya. Kemudian pindahkan bibit nanas pada lubang tersebut satu persatu. Lalu, padatkan kembali tanah dan siram dengan air.

Apabila proses penanaman telah selesai, proses perawatan merupakan bagian paling penting berikutnya. Ini menentukan kesuksesan proses tanam buah nanas. Lakukan penyiraman, penyulaman, penyiangan, penggemburan tanah, pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit.

Itu dia informasi tentang pertanian nanas. Beberapa langkah perlu Anda lakukan agar hasil panen buah berlimpah serta memiliki kualitas unggul. Semoga bermanfaat.

Author: boz pulsa