Terciduk Melakukan Kecurangan, 7 Speedcuber yang Pernah Diberi Sanksi oleh WCA

Sudah menjadi hal yang tidak asing lagi jika dalam sebuah kompetisi perlombaan terdapat peserta  yang melakukan kecurangan dan pelanggaran aturan yang ada dalam kompetisi itu, begitu pula dalam perlombaan rubik. Diketahui bahwa World Cube Association pernah melakukan peninjauan dan penginvestigasian untuk mencari para pelanggar dalam sebuah kompetisi rubik, bahkan WCA segan-segan untuk menjatuhkan hukuman bagi para pelanggar itu.

Tentunya pelanggaran-pelanggaran ini tidak hanya terjadi sekali atau dua kali saja, bahkan tentu saja ada banyak pelanggar yang belum ketahuan. Ada beberapa pelanggar yang sudah kegocek, mendapat sanksi bahkan tak tanggung-tanggung sampai tercatat dalam sejarah, siapa saja pelanggar-pelanggar tersebut? Berikut akan kami beritahukan kepada Anda.

1. Matyas Kuti

Peserta cuber yang berasal dari negara Hongaria yang mengikuti kompetisi rubik pada Februari 2008 ini dikenai sanksi karena ia telah ketahuan melakukan kecurangan dalam cabang kompetisi blindfolded cube. Sanksi yang dijatuhkan berupa pencabutan semua catatan rekor blindfolded yang ia miliki serta ia dilarang untuk mengikuti kompetisi selama tiga tahun.

2. Julio Martin Gomez Telesforo

Julio ketahuan melakukan pelanggaran ketika WCA menemukan kejanggalan saat ia berhasil menyelesaikan permainan rubik 3x3x3 dalam waktu yang sangat singkat yaitu 4,41 detik. Julio tampak mencurigakan ketika ia diminta untuk menjelaskan metode penyelesaiannya secara urut. Julio dijatuhi sanksi untuk tidak mengikuti acara WCA hingga 31 Des 2015.

3. Sebastian Pino Castillo

Sebastian dinilai memanipulasi rekor dengan memanfaatkan jabatan yang ia miliki. Dengan begitu, Sebastian dijatuhi sanksi sebagai berikut :

  • Tidak diakuinya kompetisi yang pernah ia delegasikan
  • Status Delegasi WCA nya dicabut
  • Dilarang berpartisipasi dalam segala macam kegiatan WCA selama dua tahun.

4. Marcin Zalewski

Krzysztof Kunicki mengakui bahwa ia telah melakukan pelanggaran dengan memberitahukan kepada Marcin warna tengah atas setiap rubik di blindfolded-nya. WCA yang sudah menyadarinya memberikan mereka berdua berupa sanksi sebagai berikut

  • Rekor-rekor blindfolded Marcin diubah
  • Penghapusan status delegasi Krzysztof Kunicki
  • Marcin dicegah untuk mengikuti kompetisi WCA hingga akhir Juni tahun 2016
  • Krzysztof Kuncki dilarang mengikuti kompetisi WCA sampai akhir Juni 2016

5. Haiyan Zhuang

Pernah meraih rekor dunia dengan 3×3 BLD selama lebih dari 5 kali, Haiyan Zhuang dikenai sanksi oleh WCA karena perilaku egois, manipulatif dan tidak bersahabatnya. Permasalahan tersebut sampai membuat CCA dibubarkan yang mana Haiyan merupakan presiden dari CCA.

6. Carlos Miguel Perez

Carlos ketahuan melakukan pelanggaran berupa penipuan, ia menipu beberapa anggota komunitas cubing di Kolombia. Carlos dikenai sanksi berupa larangan mengikuti semua kompetisi WCA selama-lamanya.

7. Iskender Aznavur

Iskender terlibat dalam sebuah perselisihan pada awal tahun 2020 dengan peserta yang ia delegasikan. Iskender mendapat sanksi berupa larangan beraktivitas di semua kompetisi dan kegiatan WCA selama lima tahun.

 

Nah, itu dia 7 speedcuber yang menerima sanksi dan hukuman dari WCA. Perlu diingat bahwa semua kompetisi memiliki aturan dan normanya sendiri, sebagai peserta hendaknya kita selalu berperilaku sportif dan mematuhi aturan. Bingung dengan berapa harga rubik? Cek harga rubik 4×4 di Tokopedia Speedcube Indonesia.

Author: boz pulsa