Tidak Banyak Yang Tahu, Inilah 6 Manfaat Ikan Lele Untuk Kesehatanby boz pulsaon.Tidak Banyak Yang Tahu, Inilah 6 Manfaat Ikan Lele Untuk KesehatanIkan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Selain rasa dagingnya yang gurih dan lezat, ikan ini juga mudah sekali untuk diolah. Tidak hanya itu, ikan ini juga mudah dibudidayakan seperti yang diulas oleh rumahfauna.com, ternyata banyak banget loh manfaat dari ikan lele ini. Mau tau apa saja? Simak pembahasannya berikut ini: […]

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Selain rasa dagingnya yang gurih dan lezat, ikan ini juga mudah sekali untuk diolah.

Tidak hanya itu, ikan ini juga mudah dibudidayakan seperti yang diulas oleh rumahfauna.com, ternyata banyak banget loh manfaat dari ikan lele ini. Mau tau apa saja? Simak pembahasannya berikut ini:

Manfaat ikan lele

manfaat ikan lele untuk kesehatan

1. Rendah kalori

Ikan lele termasuk ikan yang rendah kalori dan lemak, dalam satu porsi ikan lele hanya terkandung sekitar 122 kalori dan 6,1 gram lemak.

Supaya lebih sehat, Anda bisa mengolah ikan lele dengan cara dikukus, direbus, dibakar, atau dipanggang. 

Tetap perhatikan jumlah ikan yang dikonsumsi, jangan sampai terlalu banyak karena itu juga tidak baik untuk kesehatan.

2. Memiliki sumber protein lengkap

Setiap satu ekor ikan lele mengandung protein tinggi sebanyak 15,6 gram. Protein yang berkualitas tentu membantu tubuh untuk membangun massa otot lemak. Selain itu protein ini dapat membantu efektivitas fungsi kekebalan tubuh.

3. Sumber vitamin 

Dalam satu ekor ikan lele terdapat asupan vitamin B-12 yang baik untuk kesehatan Anda. Vitamin B-12 ini sangat membantu memecah makanan yang kita konsumsi sebagai energi. Selain itu, vitamin yang larut dalam air juga berperan penting untuk fungsi otak, sistem saraf, serta pembentukan darah.

4. Rendah merkuri

Kabar baik! Environmental Protection Agency menyatakan ikan lele sebagai salah satu ikan yang rendah merkuri.

Merkuri ini sejenis logam berat hasil buangan dari limbah pabrik dan rumah tangga. Merkuri ini sangat dihindari karena dapat memberi efek yang tidak sehat untuk tubuh.

Terutama ketika Anda sedang hamil, kadar merkuri ini sangat membahayakan keselamatan janin. Maka dari itu, tetap batasi jumlah ikan lele yang masuk ke dalam tubuh sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

5. Mengatasi Peradangan

Manfaat lain dari ikan lele yaitu mampu mengatasi peradangan. Hal ini karena ia mengandung asam lemak omega-3. 

6. Membantu Perawatan Tulang

Kandungan mineral yang ada di dalam ikan lele seperti fosfor dan kalsium sangat baik untuk tulang. Fosfor dan kalsium sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Nah, itulah beberapa manfaat ikan lele yang bisa kita dapat jika mengkonsumsinya. Ikan lele akan lebih sehat jika diolah dengan baik dan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Semoga artikel ini dapat membantu. Terimakasih

Author: 

Related Posts