Tips membeli rumah subsidi

Tips Membeli Rumah Subsidi

Membeli rumah perlu perencanaan yang sangat matang. Hal tersebut berguna untuk menghindari penyesalan akibat kesalahan dalam mengambil keputusan. Begitu halnya ketika mengajukan rumah subsidi yang merupakan program pemerintah. Untuk mengetahui apa itu rumah subsidi dan tips membelinya, mari simak pembahasannya sebagai berikut ini.

Pengertian Rumah Subsidi

Rumah subsidi adalah jenis produk KPR yang mana pihak bank bekerjasama dengan pemerintah atas penyaluran bantuan subsidi bangunan. Subsidi ini berupa keringanan biaya pembelian perumahan yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) namun memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

Manfaat Rumah Subsidi

Manfaat yang didapatkan masyarakat dari program ini cukup membantu mereka yang sedang membutuhkan hunian namun terbatas akan penghasilan yang rendah. Sedangkan manfaat bagi pemerintah yakni mampu membantu mensejahterakan kemakmuran masyarakatnya dengan menyediakan papan dengan harga yang terjangkau.

Tips membeli rumah subsidi

Keuntungan Rumah Subsidi

Apa itu rumah subsidi dan tips membelinya telah memberikan banyak keuntungan bagi beberapa pihak. Bagi masyarakat bisa mendapatkan rumah bersubsidi dengan harga yang murah. bagi developer bisa mendapatkan proyek besar-besaran dari pemerintah. Serta bagi bank dan pemerintah bisa menjalin kerjasama yang aman dan terpercaya bersama-sama.

Persyaratan

Syarat untuk mengajukan rumah subsidi yakni calon pemohon merupakan Warga Negara Indonesia tulen. Memiliki E-KTP asli, NPWP dan SPT. Berusia minimal 21 tahun sampai dengan 55 tahun. Memiliki penghasilan tidak lebih dari 8 juta rupiah perbulannya. Diperbolehkan bagi ASN yang memiliki penghasilan minim atau dibawah 8 juta. Sebelumnya belum pernah mengikuti pembelian rumah bersubsidi dari pemerintah.

Tips Membeli Rumah Subsidi

Berikut ini adalah tips dari pengalaman membeli rumah subsidi cikarang pada waktu itu. Nah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh calon pemohon sebelum membeli rumah subsidi.

Dimulai dengan mengamati lokasi perumahan yang ditawarkan dan mengecek lebih lanjut kondisi rumah yang akan di tinggal. Selain itu, calon pemohon juga perlu memilih developer yang terpercaya. Selalu antisipasi pengambilan kredit dengan mencari informasi perbedaan rumah subsidi dan konvensional. Dan yang paling penting, tanyakan rincian rumah yang akan dibeli kepada developer.

 

Penutupan

Demikian pembahasan mengenai apa itu rumah subsidi dan tips membelinya. Beberapa tips diatas telah banyak dilakukan oleh sebagian besar orang yang mengajukan KPR bersubsidi. Tujuannya agar pembelian rumah subsidi benar-benar sesuai ekspektasi dan menemukan developer yang terpercaya.

Author: boz pulsa