Tips Menggunakan Gamepad di Android dan IOS

Saat ini permainan game online tengah digandrungi orang-orang dalam berbagai macam usia. Game-game online ini sudah tersedia pada perangkat Android serta IOS, berbeda dengan game online yang Anda mainkan menggunakan PC (Personal Computer) memainkan game menggunakan perangkat seluler pastilah mengharuskan Anda untuk menyentuh layar sentuh dari perangkat tersebut. Bermain game menggunakan perangkat seluler dapat meningkatkan resiko kerusakan layar pada perangkat seluler Anda. Hal itu dapat disebabkan apabila Anda terlalu emosi saat memainkannya dan berujung terjadinya kelecetan layar pada perangkat Anda.

Dari resiko itulah, saat ini sudah ada inovasi baru yaitu alat pengontrol game fisik yang biasa disebut dengan Gamepad. Gamepad biasanya hanya tersedia untuk perangkat semacam PlayStation atau Nintendo saja. Namun sekarang gamepad sudah banyak tersedia untuk perangkat seluler baik untuk android maupun IOS. Kali ini kami akan memberitahukan kepada Anda beberapa tips menggunakan gamepad di android maupun IOS.

Tips Menggunakan Gamepad di Android

Saat ini, Google belum juga melakukan dukungan untuk gamepad di Android, tetapi tenang saja sudah ada banyak pengembang yang sudah melakukannya. Salah satu pengembang yang melakukannya adalah perangkat SHIELD Android bernama NVIDIA sudah menyediakan gamepad yang dapat digunakan untuk perangkat Android.

Android juga sudah mendukung beberapa macam jenis gamepad. Anda juga dapat menggunakan gamepad nirkabel ke android. Berikut ini tips menggunakan gamepad di android.

  1. silahkan pasangkan gamepad Anda dengan perangkat Anda dengan membuat pengontrol ke mode berpasangan.
  2. Silahkan ke ponsel Anda lalu hidupkan Bluetooth dan Anda akan melihat nama perangkat gamepad Anda.
  3. Silahkan pasangkan ponsel Anda dengan gamepad Anda, lalu luncurkan game, dan mulailah bermain game tersebut.

Sebelum itu, silahkan membeli gamepad yang dirancang khusus untuk perangkat Anda atau gamepad yang kompatibel dengan perangkat Anda agar gamepad dapat bekerja dengan baik di ponsel Anda.

Bagi Anda yang memiliki gamepad untuk PlayStation 4, Anda juga dapat menghubungkannya dengan ponsel Anda seperti saat Anda memasangkannya pada PC. Karena sejatinya, gamepad PlayStation 4 biasa dikenal sebagai DualShock 4 yang artinya dapat dipasangkan dengan ponsel dan tablet android Anda.

Tips lain untuk Anda yang memiliki kabel OTG (On The Go) Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menyambungkan dengan gamepad Anda. Jika Anda menggunakan OTG, maka sistemnya akan sama dengan ketika Anda menggunakan USB seperti penyimpanan drive USB dengan ponsel atau tablet Anda.

 

Tips Menggunakan Gamepad di iOS

Semenjak dirilisnya iOS 7, Apple sudah menambahkan fitur untuk mendukung penggunaan gamepad pada perangkat mereka. Namun, untuk perangkat iPhone, ada perangkat gamepadnya sendiri khusus untuk iPhone dan dibuat hanya untuk iPhone. Perangkat itu akan bekerja dengan game yang sudah terdapat dukungan MFi dari iOS.

Ada beberapa gamepad yang memungkinkan Anda dapat menggunakan iPhone seperti konsol pada game portable. Ada beberapa jenis gamepad juga yang menggunakan koneksi manual/fisik yang mengharuskan Anda untuk menancapkannya ke port di iPhone Anda. Tapi tenang saja, karena sebagian besar dari perangkat MFi terkoneksi secara nirkabel seperti headset atau keyboard bluetooth. Berikut ini cara menggunakan gamepad di iOS.

  1. Buat gamepad menjadi mode berpasangan.
  2. Lalu buka pengaturan di perangkat iOS Anda, lalu pilih bluetooth.
  3. Silahkan pasangkan kedua perangkat Anda.

Ketika Anda membeli perangkat MFi, pastikan bahwa perangkat tersebut adalah produk original yang artinya benar-benar diproduksi oleh pihak Apple ya. Karena apabila produk yang Anda beli adalah produk tiruan, maka kecil kemungkinan bahwa produk itu akan bekerja dengan baik pada perangkat iOS Anda.

 

Itulah beberapa tips dalam menggunakan gamepad di android maupun di iOS yang dapat Anda terapkan dalam menggunakan gamepad di perangkat android maupun iOS Anda. Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan USB 2.0 C Male to A Female OTG Cable dari Vention untuk menghubungkan gamepad dengan smartphone kamu. Pastinya lebih mudah dan praktis.

Author: boz pulsa