Yuk-Manfaatkan-Sampah-Organik-Dan-Non-Organik-di-Sekitar-Kita

Yuk, Manfaatkan Sampah Organik Dan Non Organik di Sekitar Kita

Akhir-akhir ini sampah memang menjadi salah satu masalah pelik di setiap kota besar dan kecil di Indonesia. Semakin besar sebuah kota, semakin pelik pula masalah sampah yang akan dihadapinya. Salah satu sampah yang masih sering terjadi pemilahannya adalah sampah organik dan non organik.

Sampah organik sendiri merupakan sampah yang berasal dari makhluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa melalui proses campur tangan manusia untuk dapat terurai.

Sampah organik bisa dibilang merupakan sampah yang ramah lingkungan, bahkan bisa diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat jika dikelola dengan tepat. Namun jika tidak dikelola dengan benar bisa menyebabkan penyakit dan bau yang kurang sedap karena efek dari pembusukan sampah organik yang cepat.

Yuk-Manfaatkan-Sampah-Organik-Dan-Non-Organik-di-Sekitar-Kita

Sedangkan sampah non organik merupakan sampah yang tidak terpakai namun sulit terurai. Sampah non organik yang tertimbun di tanah bisa menyebabkan pencemaran pada tanah, karena sampah non organik tergolong sampah yang sulit terurai dan menyebabkan rusaknya lapisan tanah.

Maka tidak heran jika saat ini banyak orang yang memilih tempat sampah berwarna untuk sampah organik dan non organik. Karena tempat sampah organik dan non organik memiliki banyak sekali manfaat.

Berikut ini manfaat atau fungsi tempat sampah organik dan anorganik yang bisa kamu ketahui :

  • Mempermudah proses daur ulang

Kamu pasti tahu dong kalau sampah tidak akan menjadi sampah dan mengotori lingkungan jika dikelola dengan baik? Bagaimana caranya? Apalagi kalau bukan dengan didaur ulang. Ada beberapa jenis sampah yang bisa didaur ulang menjadi barang berguna. Oleh karena itu adanya sampah organik dan non organik sangatlah berguna, supaya saat dibawa ke pembuangan tidak perlu memisahkannya lagi.

  • Menjaga kesehatan masyarakat

Selain sampah organik dan non organik, ada pula sampah B3 yaitu bahan berbahaya dan beracun. Nah, sampah jenis ini umumnya bersifat mudah terbakar, mudah meledak, beracun dan lainnya. Bayangkan jika kamu menyatukan sampah ini dengan sampah organik dan non organik, tentunya akan membuat lingkungan tercemar dan membahayakan bagi petugas kebersihan bukan?

  • Meningkatkan kebersihan lingkungan

Masih ingatkan kalau sampah organik bisa lebih cepat terurai daripada sampah non organik? Nah, bayangkan jika sampah jenis ini tidak dipisah apa yang akan terjadi? Sampah non organik yang tadinya bersih akan menjadi kotor. Padahal jika melakukan pemisahan pada sampah sesuai kelompoknya, kebersihan sampah non organik bisa terjaga. Inilah salah satu fungsi tempat sampah organik dan anorganik, supaya sampah yang kamu punya tidak tercampur.

  • Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Percaya tidak kalau dengan kamu memilah sampah pun bisa membantu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat? Berbagai program seperti bank sampah membuktikan kalau sampah bisa menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan.

Pengelompokkan sampah organik, non organik memang seharusnya sudah dilakukan di semua tempat ya. Mengingat sampah di Indonesia setiap harinya semakin banyak, maka kita harus mulai untuk melakukan upaya supaya sampah tidak semakin menumpuk di pembuangan akhir.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memisahkan sampah organik dan non organik. Sampah organik bisa dikelola lagi menjadi pupuk, sedangkan non organik bisa dijadikan kerajinan tangan yang bermanfaat. Tentu walaupun sedikit akan sangat bermanfaat untuk lingkungan di kemudian hari. Dan semoga cara ini bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari ya.

Author: boz pulsa